Selasa, 21 Mei 2024

IPM Jatim Tunjukkan Tren Meningkat, 72,14 Poin di Tahun 2021

Diunggah pada : 27 Juni 2022 15:37:35 72
Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Sejak 2015, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Timur menunjukkan tren yang meningkat. Pada tahun 2015, IPM Jawa Timur masih berada pada angka 68,95 poin. Dalam kurun waktu 7 tahun, IPM Jawa Timur mampu mencapai angka 72,14 poin pada tahun 2021. 

Dalam Laporan IPM Provinsi Jawa Timur 2021, Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan mengatakan bahwa data ini menunjukkan dampak positif program pemerintah Jawa Timur baik di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi telah dirasakan oleh masyarakat sebagai obyek pembangunan. 

Secara rata-rata, kenaikan IPM Jawa Timur setiap tahunnya mencapai 0,57 poin selama 2015 hingga 2021. Artinya, kebijakan pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, dan pengeluaran per kapita cukup baik. 

Selain menjadi prestasi, kondisi di atas juga menjadi tantangan tersendiri bagi Jawa Timur agar capaian IPM setiap tahunnya dapat diiringi dengan peningkatan kualitas pembangunan. Tentunya yang tercermin dari pelayanan masyarakat dan mempermudah akses pendidikan, kesehatan, sehingga multiplier effect-nya dapat dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat.

Dadang menjelaskan, paradigma pembangunan saat ini terbagi atas pembangunan ekonomi dan pembangunan manusia. Pembangunan ekonomi menggunakan indikator pertumbuhan ekonomi dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebagai ukuran capaian pembangunan, sementara pembangunan manusia menggunakan IPM untuk mengukur hal yang sama. 

“BPS menghitung dan menyajikan kedua indikator tersebut sebagai indikator pembangunan yang saling melengkapi,” ujar Dadang dalam laporan yang dipublikasikan di laman resmi BPS Jatim pada Juni 2022 ini. (idc/s)

#BPS Jatim #indeks pembangunan manusia