Selasa, 21 Mei 2024

Inovasi Penyembuhan Luka Diabetes Bawa Tim Unair Raih Medali Emas di PIMNAS

Diunggah pada : 17 April 2024 17:27:49 24
Ksatria Universitas Airlangga (Unair) berhasil meraih prestasi membanggakan. Pasalnya, tim Unair berhasil sabet medali emas presentasi Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM RE) dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-36. Acara itu dihelat oleh Pusat Prestasi Nasional dan berlangsung di Universitas Padjadjaran (Unpad).

Jatim Newsroom- Ksatria Universitas Airlangga (Unair) berhasil meraih prestasi membanggakan. Pasalnya, tim Unair berhasil sabet medali emas presentasi Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM RE) dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-36. Acara itu dihelat oleh Pusat Prestasi Nasional dan berlangsung di Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Tim yang berasal dari Fakultas Farmasi (FF) Unair itu, terdiri dari Shavira Priyantika Putri, Fany Zumrotul Faizah, M. Rofiqi Azmi, dan Zavirah Silalahi. Dalam hal ini, mereka  menggagas “Kombinasi Hybrid Kitosan-Kulit Pisang dengan Ekstrak Pegagan sebagai Biomaterial Herbal Modern Wound Dressing dalam Upaya Penyembuhan Luka Diabetes.”

Terobosan inovasi ini berangkat dari luka penyakit diabetes yang rentan terhadap bakteri dan lama proses penyembuhannya. Menanggapi masalah ini, Shavira dan timnya mengusulkan modern wound dressing yang kaya akan asiaticoside guna mempercepat proses penyembuhan luka.

Perjalanan menuju PIMNAS tidaklah mudah, mereka turut menghadapi rintangan. Terlebih, kedua proposal yang mereka ajukan berhasil lolos PIMNAS, sehingga mereka harus membagi fokus.

“Berdasarkan rekomendasi dosen, kami terbagi menjadi dua sub-tim, yang merupakan tantangan tersendiri. Alhamdulillah, kami berhasil meraih medali emas,” ungkap Shavira dengan bangga, di Surabaya, Rabu (17/4/2024)

Meski merasa gugup karena pertama kali keikutsertaan PIMNAS, Shavira dan tim berusaha untuk tetap fokus dan tenang. Bahkan ketika hujan lebat saat pengumuman pemenang, semangat mereka pun tetap tidak luntur.

Selain reward yang diberikan universitas, Shavira mengaku turut termotivasi untuk membawa pulang medali emas dan piala Adhikarta ke UNAIR. Ia pun berharap kesuksesan ini menjadi kemenangan tidak hanya bagi timnya, tetapi juga bagi seluruh komunitas UNAIR.

“Dengan membawa medali emas PIMNAS kami turut bangga karena bisa membawa kebangkitan Fakultas Farmasi UNAIR di ajang PIMNAS yang sempat menurun karena pandemi Covid-19,” ungkap Shavira.

“Kami berharap kedepan prestasi ini dapat memberikan semangat dan dorongan bagi Fakultas Farmasi dan Universitas Airlangga, agar bisa terus melanjutkan prestasi di PIMNAS dan membawa pulang piala Adhikarta ke Universitas Airlangga pada tahun berikutnya,” tutupnya. (mad/hjr)

#unair