Sabtu, 4 Mei 2024

Hendry Bangun Jabat Ketua Umum PWI Pusat

Diunggah pada : 27 September 2023 14:56:01 496
Henry CH Bangun (kanan) meraih 47 suara, unggul 6 suara dari Atal S Depari pada Kongres PWI XXV di Bandung, Jawa Barat, 25-26 September 2023.

Jatim Newsroom- Henry CH Bangun terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada Kongres PWI XXV di Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/9/2023) dini hari.

Dalam sidang pleno pemiliha yang dipimpin oleh Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim, Hendry meraih 47 suara, unggul 6 suara dari incumbent Atal S Depari pada Kongres PWI XXV di Bandung, Jawa Barat, 25-26 September 2023.

Sesuai pembacaan tata tertib Kongres XXV PWI, memantik 3 calon Ketua Umum PWI Pusat yakni incumbent Atas S Depari sebagai pendaftar pertama, lalu Hendry CH Bangun (mantan anggota Dewan Pers) dan Zulmansyah (Ketua PWI Riau).

Dalam pemungutan suara secara voting yang berlangsung di El Hotel, Kota Bandung, dari total 88 suara, pada putaran pertama, Atal memperoleh 40 suara. Hendry meraih 39 suara dan Zulmansyah hanya mendapat 9 suara. Sesuai dengan peraturan dan tata tertib kongres, maka pemilihan harus dilakukan dua putaran karena tidak ada yang meraih 50 persen plus 1. Dengan demikian  Atal S Depari dan Hendry CH Bangun kembali bertarung pada putaran kedua. Sedangkan Zulmansyah dinyatakan tersisih.

Pada putaran kedua, terjadi kejar-kejaran suara.  Namun Hendry berhasil menembus 47 suara dan Atal memperoleh 41 suara. Hendri CH Bangun pun didaulat  sebagai Ketua PWI Pusat untuk periode 2023-2028.

"Alhamdulillah. Terima kasih kepada seluruh wartawan PWI di Indonesia. Ini sebuah tantangan yang besar untuk mewujudkan visi dan misi kedepannya. Pemilihan yang berlangsung demokratis dapat dijadikan contoh sebuah demokrasi dan PWI sebagai rumah bersama. PWI harus semakin kompak dan solid," ujar Hendry.(mad/hjr)

#PWI jatim