Selasa, 7 Mei 2024

Hari Terakhir, Peserta Diklat Analisis Medsos Belajar Susun Strategi Komunikasi

Diunggah pada : 28 Juli 2023 15:50:46 38
Hari terakhir Pelatihan Government Transformation Academy Digital Talent Scholarship tahun 2023 dengan topik analisis media sosial, di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Jumat (28/7/2023).

Jatim Newsroom – Pelatihan Government Transformation Academy Digital Talent Scholarship tahun 2023 di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur telah sampai di hari terakhir, Jumat (28/7/2023). Untuk kelas analisis media sosial, hari ini fokus membahas penyusunan strategi komunikasi. 

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr. Soetomo (FEB Unitomo), Meithiana Indrasari Yunus yang hadir sebagai narasumber menerangkan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pelatihan di hari terakhir ini. 

Pertama, mengidentifikasi masalah kehumasan atau komunikasi publik hasil analisis media sosial. Kedua, merumuskan tujuan komunikasi. Ketiga, menentukan target khalayak. Keempat, merumuskan pesan kunci. Kelima, menentukan saluran, media, dan alat komunikasi. Keenam, menyusun pokok-pokok strategi komunikasi. 

“Untuk target khalayak, kita perlu menentukan khalayak primer, sekunder, dan stakeholder lainnya,” ujar Meithiana. 

Selanjutnya mengenai pokok-pokok strategi komunikasi, peserta mempelajari cara menyusun analisis SWOT untuk bisa memetakan kekuatan, kelemahan, peluang, dan hambatan yang dimiliki, hingga menyusun taktik dan rencana aksi dari strategi komunikasi yang disusun. 

Sebagai informasi, kegiatan pelatihan ini digelar Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya. Sebanyak 32 pegawai pemerintah menjalani pelatihan selama 5 (lima) hari, Senin-Jumat, 24-28 Juli 2023 tentang analisis media sosial ini. (idc/s)

#kominfo #Diskominfo Jatim #analisis media sosial