Selasa, 21 Mei 2024

Hadiri Rakor Penurunan Stunting, Wakil Bupati Pasuruan Arahkan OPD Perkuat Sinergi Antar Sektor

Diunggah pada : 3 November 2022 19:14:48 42
Sumber foto ; Diskominfo Kabupaten Pasuruan

Jatim Newsroom – Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Pasuruan Triwulan 1 dan 2 Tahun 2022. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AB2KB) ini berlangsung di Gedung Serbaguna Pemkab Pasuruan, Kamis (3/11/2022).

Wakil Bupati Mujib menyampaikan, agar tren kasus stunting di Kabupaten Pasuruan cepat menurun, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus saling mempererat sinergi kolaborasi dengan para stakeholder.

Bahwa dibutuhkan komitmen bersama dari seluruh anggota Tim Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Pasuruan dalam menyatukan visi dan tujuan bersama. Muaranya tidak lain untuk percepatan Gerakan 'Kasih Bersanding Mesra'  (Keluarga Bersih Bersama Sadari Stunting Menuju Keluarga Sejahtera). Dengan demikian, persentase angka stunting semakin tereduksi.

"Gerakan 'Kasih Bersanding Mesra' adalah komitmen Pak Bupati, saya dan semua instansi di Pemkab Pasuruan dalam mencegah sekaligus menurunkan angka stunting. Mari terus laksanakan sesuai dengan tugas kita masing-masing dalam melaksanakan program ini,” jelasnya.

Wakil Bupati menggarisbawahi pentingnya percepatan evaluasi kegiatan. Terutama jika masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya. Maka dari itu, saling bersinergi antar sektor sangat dibutuhkan.

“Data-data yang masih kurang harus segera diselesaikan dan dilengkapi. Apalagi, data di lapangan menjadi salah satu kunci keberhasilan penanganan stunting. Kami minta Dinas Kesehatan bisa mensinkronisasikan data supaya lebih cepat,” pintanya.

Gus Mujib, begitu sapaannya,  juga mengingatkan kembali kepada Dinas Perumahan dan Permukiman terkait percepatan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Jambanisasi. Terlebih kedua hal itulah beberapa kunci keberhasilan penanganan stunting

"Saya sangat berharap komitmen Bapak Ibu semuanya. Kedua, masalah data yang harus dicukupi. Ketiga, percepatan pelaksanaannya. Mohon semuanya bisa memaksimalkan sebaik-baiknya,” harapnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini juga dihadiri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitda) Kabupaten Pasuruan, Ihwan, dan Kepala Dinas P3AP2KB, drg. Loembini Pedjati Lajoeng. Selain itu juga dihadiri beberapa Kepala Perangkat Daerah terkait. Di antaranya, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi dan Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang. Berikut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Selain itu turut hadir pula, Ketua MUI Pasuruan dan Bangil, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, Kanit PPA Polres Pasuruan, Ketua PD Muhammadiyah, Perwakilan UNISMA. Termasuk Kecamatan Rejoso, Nguling, Parepan dan Kecamatan Wonorejo.(vin/s)

 

#kabupaten pasuruan