Kamis, 2 Mei 2024

Guru Besar Unair Anggap Takjil Lintas Agama Jadi Ajang Memperat Persaudaraan

Diunggah pada : 25 Maret 2024 14:17:16 12
Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (Unair), Prof Dr Bagong Suyanto Drs MSi

Jatim Newsroom - Siapa yang tak kenal bulan Ramadan, bulan penuh berkah yang selalu menghadirkan serba-serbi tersendiri. Serba-serbi tersebut seperti shalat tarawih, kewajiban berpuasa, hingga berburu takjil ketika hampir tiba waktu berbuka. Uniknya para pemburu takjil tidak hanya datang dari masyarakat muslim saja.

Masyarakat yang tidak memeluk agama Islam juga ikut serta. Bahkan tren ini tengah menjadi perbincangan di sosial media. Ada warganet yang mengeluhkan begitu cepatnya takjil di pasaran ludes terjual. Tapi ada juga warganet yang dengan apiknya menyusun strategi supaya berhasil mendapat takjil incaran.

Fenomena perburuan takjil lintas agama ini membuat Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (Unair) angkat bicara. Prof Dr Bagong Suyanto Drs MSi mengatakan bahwa momen ini bisa mempererat tali persaudaraan antar umat beragama. “Kalau masyarakat muslim beli takjil kebanyakan untuk konsumsi pribadi. Kalau masyarakat non muslim beli takjil selain untuk konsumsi pribadi, ada juga yang dibagikan kepada masyarakat yang menjalankan puasa,” katanya, Senin (25/3/2024).

Tak hanya itu saja, Guru Besar Ilmu Sosiologi tersebut mengungkapkan bahwa fenomena ini menjadi bentuk kerukunan antar umat beragama. Hal ini membuktikan bahwa meski Indonesia memiliki masyarakat yang beragam, tapi tali persatuan masih terikat dengan erat. “Saya melihat fenomena ini sebagai bentuk tindakan yang rukun antar umat beragama,” ungkapnya.

Prof Bagong menambahkan bahwa fenomena ini merupakan tren yang baik. Fenomena ini mengandung pesan moral untuk saling menghormati meski memeluk agama yang berbeda. “Saya rasa ini tren yang baik, supaya memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa meski berbeda agama tetap harus saling menghormati satu sama lain,” ujarnya.

Dekan FISIP Unair berharap bahwa tren yang memberikan dampak positif seperti ini bisa terus berlanjut. Apalagi kondisi masyarakat Indonesia yang beragam sehingga sikap yang toleran perlu terbangun dengan baik. “Di masyarakat multipluralis seperti Indonesia harus dibangun sikap yang toleran,” pungkasnya. (mad/hjr)

 

#unair