Selasa, 7 Mei 2024

Gubernur Khofifah Apresiasi Millennial Entrepreneur Award SMA Double Track 2023

Diunggah pada : 26 Oktober 2023 21:23:03 132
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa apresiasi kegiatan Millenial Entrepreneur Award(MEA) SMA Double Track Tahun 2023 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Jawa Timur dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya,di Graha ITS Surabaya,Kamis(26/10/20).

Jatim Newsroom- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi kegiatan Millenial Entrepreneur Award (MEA) SMA Double Track Tahun 2023 yang diselenggarakan  Dinas Pendidikan Jawa Timur dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya,di Graha ITS Surabaya,Kamis (26/10/20).

Gubernur Khofifah mengapresiasi karya inovasi dan kreatifitas yang dihasilkan siswa SMA double track.

"Saya menyampaikan terimakasih ini adalah luar biasa, kolaborasi yang luar biasa, mentoring yang luar biasa dan hari ini bersama-sama kita mengikuti Millenial Integrated Award 2023. Kita bisa berkumpul bagaimana kapasitas kita, kemudian bagaimana inovasi yang dilakukan, kreativitas yang dilakukan oleh masing-masing,"ujarnya.

Dikatakannya, hasil karya SMA Double Track yang di tampilkan pada MEA 2023, sebagai bukti akan kemandirian dan pada akhirnya bisa membiayai dirinya sendiri serta keluarganya 

"Saya ingin menyampaikan kepada panjenengan semua ternyata yang semula mungkin ragu sekarang sudah bisa melihat hasilnya, putra putri didik panjenengan sudah bisa membuat produk-produk inovatif dan kreatif serta produktif yang bisa di pasarkan baik offline maupun online, yang sudah bisa membiayai dirinya sendiri maupun keluarganya,"tambahnya.

Rektor ITS, Prof Mochamad Ashari mengatakan jika program SMA Double Track ini bertujuan membekali siswa SMA yang tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi agar memiliki keterampilan sehingga dapat diterima di dunia kerja. 

"Jadi anak anak ini kita bekali mulai dari pelatihan, dibuatkan ruang untuk diskusi, sampai dibantu dalam hal monitoring pemasaran. Hal ini agar mereka memiliki bekal di dunia kerja," jelas Ashari saat ditemui di Graha ITS, Kamis (26/10/2023).

Mantan rektor Universitas Telkom ini menambahkan melalui acara Festival Millennial Entrepreneur Award (MEA) pihaknya memberikan penghargaan enterpreneur milenial yang berhasil melalui program SMA DT. Siswa yang tergabung dalam program SMA DT. KUS merupakan kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 hingga 6 siswa. Dibuat kelompok kecil agar dapat efektif dan gesit kiprahnya.

"Untuk program ini kita sengaja memilih sekolah yang berada di pelosok, karena angka putus sekolah disana yang cukup tinggi. Agar tidak jadi pengangguran jadi kita berikan pelatihan lewat program SMA DT ini," tambahnya.

Sementara itu ditemui di tempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Aries Agung Paewai menuturkan awal mula program ini didirikan adalah karena banyak anak SMA yang tidak memiliki keterampilan namun belum bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Oleh sebab itu disini Pemprov Jatim bekerja sama dengan ITS memberikan bekal melalui program SMA DT agar mereka bisa memiliki bekal atau bahkan membuka usaha sendiri.

"Hal ini tentu berkaitan perekonomian, bagaimana anak SMA di pelosok bisa memiliki bekal untuk bekerja. Sehingga setelah lulus mereka tidak bingung karena tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi," tutur Aries.

Pembentukan SMA DT dilakukan dalam rangka memacu siswa agar segera melakukan aksi nyata. Kehadiran beberapa unit usaha di satu sekolah juga akan memunculkan kompetisi maupun kolaborasi yang sehat sehingga terpacu untuk menunjukkan eksistensi dan kemandiriannya.

"Selama ini banyak yg mandiri, kita melakukan kelompok usaha, kelompok komunitas sekolah sehingga saat lulus mereka bisa berwirausaha," pungkasnya.

Kegiatan MEA SMA Double Track diikuti oleh sekitar 133 Sekolah Menengah Atas (SMA) Double Track dari berbagai daerah di Jawa Timur, acara ini memamerkan beragam produk dan hasil karya para siswa SMA yang mengikuti program Double Track (DT). Program DT sendiri merupakan program yang digagas oleh ITS, untuk memberikan keterampilan dan skill tambahan bagi siswa SMA.(mad/hjr)

 

 

 

 

 

 

 

#its