Sabtu, 4 Mei 2024

Gerakan Pramuka Kwarcab Lamongan Gelar Apel Hari Pramuka ke-62

Diunggah pada : 14 Agustus 2023 19:56:57 77
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Lamongan

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan bersama segenap anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Lamongan melaksanakan Apel Hari Pramuka ke-62, di Alun-alun Lamongan, Senin (14/8/2023). 

Dengan mengusung tema “Mewujudkan Sumber Daya Manusia Prefesional dan Berwawasan Kebangsaan”, Ketua Kwarcab Pramuka Lamongan Moh. Nalikan, saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Pum) Drs. Budi Waseso mengatakan, bahwa tema tersebut merupakan wujud semangat gerakan pramuka dalam meningkatkan SDM yang profesional. 

“Mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan. Di samping itu, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara,” kata Kak Nalikan, begitu sapaan Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Lamongan tersebut melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Lamongan. 

Apel yang digelar sekaligus untuk peringatan ke-111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di Indonesia tersebut, ditutup oleh penampilan Kolonel Tongkat 100 Penggalang dari SMPN 1, 2, 3, dan 4 Lamongan. Penampilan itu sebagai simbol, bahwa tongkat pramuka merupakan senjata pramuka di manapun dan kapanpun berada saat berada di alam bebas. 

Dalam rangkaian peringatan hari pramuka yang ke-62 ini, usai melaksanakan serangkaian prosesi upacara Kwarcab Lamongan, Kak Nalikan juga melantik 384 pramuka penggalagn garuda, dari 30 sekolah menengah pertama, di Pendopo Lokatantra Lamongan. 

Kak Nalikan menilai, pramuka garuda akan menjadi barometer karakter dan perilaku di sekolah, dengan penerapan nilai-nilai Tri Satya. Apalagi diketahui, pramuka garuda merupakan anggota muda gerakan pramuka yang telah mencapai kecakapan utama dan menjadi tingkatan tertinggi pada masing-masing jenjang pendidikan kepramukaan. 

“Nilai-nilai ini (Tri Satya) yang akan memberikan kesuksesan kepada adik-adik yang akan datang. Belajar ilmu mata pelajaran seperti matematika, fisika, sosial, itu penting tapi yang lebih penting adalah karakter kita menjadi anak yang baik, anak yang memiliki kualitas yang tinggi. Karena semua pelajaran itu adalah kunci, isinya nanti adalah adik-adik bisa merasakan nilai-nilai hubungan antara adik-adik kepada orang tua, di sekolah saling guyup rukun. Nanti akan terlihat pramuka garuda menjadi barometer karakter dan perilaku di sekolah,” kata Kak Nalikan. 

Selanjutnya, di hadapan pramuka penggalang garuda, Kak Nalikan juga menekankan tiga nilai-nilai penting yang terkandung dalam Tri Satya yang harus dipedomani. Yakni, Rela, Berani, dan Setia, sebagai penguatan karakter. 

Kak Nalikan berharap, kepala sekolah dan kepala dinas menargetkan adanya pramuka garuda di setiap sekolah. Sebab menurutnya, pramuka garuda berperan penting dalam penguatan mental dan karakter secara berkelanjutan. 

“Terima kasih ayah bunda telah memberikan kesempatan kepada anak-anak kita ini nilai-nilai kepramukaan, nilai yang akan menjadikan dasar untuk hidup dimasa yang akan datang,” pungkasnya. (vin/hjr). 

#Kabupaten Lamongan #Peduli Pramuka Jateng #pemkab Lamongan #Hari Pramuka #Kwarcab