Sabtu, 27 April 2024

Gelar Lomba Senam dan Yel-yel, Cara Pemkot Surabaya Eratkan Soliditas KSH

Diunggah pada : 11 Oktober 2023 14:25:18 121
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi

Jatim Newsroom - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar lomba senam, yel-yel dan video instagram Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) antar Kader Surabaya Hebat (KSH), Selasa (10/10/2023). Lomba yang berlangsung di Convention Hall Arief Rahman Hakim Surabaya tersebut, bertujuan untuk mempererat soliditas KSH.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Surabaya Rini Indriyani, tampak hadir dalam kegiatan lomba tersebut. Keduanya hadir untuk menyaksikan sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba.

"Lomba ini sebagai apresiasi, baik lomba yel-yel, kostum dan media sosial. Jadi kita pilih per RW, kemudian kelurahan dan sekarang yang dilombakan antar kecamatan," kata Wali Kota Eri Cahyadi usai acara.

Wali Kota Eri menjelaskan, lomba tersebut salah satunya bertujuan untuk menyatukan Kader Surabaya Hebat. Sekaligus pula untuk mensolidkan dan menjaga silaturahmi antar KSH se Surabaya. Terlebih sekarang ini telah mendekati tahun politik.

"Yang selalu saya ingatkan bahwa sekarang mendekati tahun politik, jangan sampai Kader Surabaya Hebat yang didasari rasa kekeluargaan buat kesehatan, itu gegeran dewe-dewe (bertengkar sendiri-sendiri)," ujarnya.

Karenanya, Wali Kota Eri kembali berpesan kepada seluruhnya agar tetap menjalin tali silaturahmi antar sesama KSH. Baginya, beda pilihan dalam politik itu hal biasa namun jangan sampai perbedaan tersebut merusak tali persaudaraan.

"Alhamdulillah saya sampaikan, kalau waktunya beda pilihan silahkan, tapi jangan sampai merusak, utamanya kenapa adanya dibentuk Kader Surabaya Hebat," tuturnya.

Selama tiga tahun dibentuk, Wali Kota Eri menyatakan, bahwa peran KSH sangat luar biasa dalam membantu Pemkot Surabaya. Seperti di antaranya, membantu dalam menurunkan kemiskinan, balita stunting hingga penurunan risiko kematian ibu dan anak.

"Karena ini adalah peran dari Kader Surabaya Hebat, yang selalu mendata ke kampung-kampung, ke rumah-rumah. Jadi inilah yang saya inginkan bahwa membangun itu dengan rasa kasih sayang, jangan sampai pecah karena politik," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina menyampaikan, bahwa melalui lomba antar KSH tersebut, diharapkan dapat mengenalkan Germas sehingga mengubah perilaku masyarakat menjadi hidup lebih sehat. Apalagi, KSH selama ini telah membantu Pemkot Surabaya dalam melayani masyarakat.

"Harapan kami Kader Surabaya Hebat bisa memberikan contoh dan membantu Pemkot Surabaya mengedukasi masyarakat terkait berperilaku hidup sehat," kata Nanik.

Nanik juga menambahkan, lomba senam, yel-yel dan video instagram Germas tersebut, diikuti perwakilan KSH dari 31 kecamatan se-Surabaya. Sedangkan untuk setiap kecamatan itu diwakili oleh 10 orang KSH. "Sehingga total peserta lomba yakni 310 KSH," pungkasnya.

Sebagai informasi, berikut ini daftar pemenang lomba antar KSH se Kota Surabaya. Yang pertama yakni, kategori lomba Video Instagram Germas terbaik, diraih Kecamatan Karangpilang dan Kecamatan Sawahan. Selanjutnya kategori Best Custom, diraih Kecamatan Pakal dan Kecamatan Jambangan.

Sementara yang terakhir, kategori lomba Senam dan Yel-yel, Juara Harapan 3 diraih Kecamatan Dukuh Pakis, Juara Harapan 2 Kecamatan Sawahan dan Juara Harapan 1 Kecamatan Karang Pilang. Kemudian Juara 3 diraih Kecamatan Tambaksari, Juara 2 Kecamatan Jambangan dan Juara 1 Kecamatan Tegalsari. (her/s)

#pemkot surabaya