Senin, 6 Mei 2024

FILKOM Raih Gold Medal di International Science and Invention Fair 2023

Diunggah pada : 20 November 2023 16:56:13 60

Jatim Newsroom - Pada ajang International Science and Invention Fair (ISIF) 2023, tim FILKOM dan gabungan beberapa mahasiswa UB berhasil meraih juara 1. Prestasi membanggakan ini diraih pada kategori Technology di ISIF 2023 dengan judul Bionic Pancreas: A Technological Innovation Pancreas for Blood Glucose Management and Monitoring Based on Internet of Things.

Pada ajang yang diselenggarakan hybrid ini, tercatat 28 negara berpartisipasi, 421 tim mempresentasikan hasil project secara online dan 217 tim secara offline. Tim yang meraih gold medal ini terdiri dari Wahyu Widihansyah dan Farhan Rahmansyah (FILKOM UB), Bayu Widihansyah (FT UB), Ezzedin Umbu Ahimsa Zein Suhartoyo (FMIPA UB), dan Shalihat Azka Sabrina (FK UB).

Dosen pembimbing tim, Edita Rosana Widasari, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D., Senin (20/11/2023) mengatakan, bimbingan dengan tim dilakukan selama kurang lebih tiga bulan, di awali pada bulan September sampai dengan awal November. Tahap awal yaitu studi literatur, perancangan, implementasi dan ujicoba Bionic Pancreas. Selanjutnya, tim juga menuliskan luaran berupa artikel ilmiah.

Edita juga menambahkan, tujuan mengikuti lomba ini untuk mempersiapkan tim secara dini agar memiliki pengalaman serta siap secara alat dan mental untuk persiapan lomba Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) tahun 2024.

Kegiatan ini juga merupakan bagian stategi untuk mencari mahasiswa/i yang memiliki minat dan ketertarikan serius untuk mengikuti lomba khususnya bidang Robotika dan Embbeded System, baik di tingkat nasional ataupun internasional. Sehingga nantinya FILKOM UB memiliki tim yang tangguh untuk persiapan PKM, PIMNAS dan juga lomba lainnya. (jal)

 

#bank Indonesia