Senin, 20 Mei 2024

Evaluasi SAKIP, Wali Kota Madiun Optimis Raih Predikat A

Diunggah pada : 15 November 2023 8:24:53 11

Jatim Newsroom- Pemerintah Kota Madiun mengikuti panel evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) kemarin.

Kegiatan tersebut berlangsung secara daring dan diikuti oleh seluruh pimpinan dan pejabat struktural Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Madiun melalui Gedung GCIO Kota Madiun. Sedangkan, Wali Kota Madiun Maidi mengikuti dari Hotel Harris Surabaya karena bersamaan dengan agenda di Gresik. 

Evaluasi SAKIP merupakan aktivitas analisis yang sistematis, pemberian nilai, atribut, apresiasi, dan pengenalan permasalahan, serta pemberian solusi atas masalah yang ditemukan untuk tujuan peningkatan akuntabilitas dan kinerja instansi kerja pemerintah. Adapun penilaian meliputi Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi Internal dan Pencapaian Sasaran/Kinerja Organisasi. 

Wali Kota Maidi pun optimis Kota Madiun dapat meraih target nilai A tahun ini. Karenanya, wali kota bersama OPD terkait berupaya memaparkan program dan kegiatan sebagaimana yang telah berlangsung di Kota Madiun selama ini. Serta, memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. "Mudah-mudahan tahun ini bisa naik predikat A," ujarnya. 

Lebih lanjut, wali kota juga berharap para juri bisa memberikan penilaian yang optimal bagi Kota Madiun."Kota Madiun sampai saat ini sudah mendapatkan 314 penghargaan. Tentunya hal ini tidak lepas dari kinerja optimal OPD Pemkot Madiun. Harapannya, bisa meningkatkan penilaian dalam SAKIP," tandasnya. (vic/hjr)

#SAKIP #Madiun