Sabtu, 20 Juli 2024

East Java Fashion Harmony 2024 Angkat Tema "Rise of Reminiscene"

Diunggah pada : 6 Juni 2024 9:55:51 98
Foto: Gelaran East Java Fashion Harmony 2021 di Kota Malang

Jatim NewsroonEast Java Fashion Harmony (EJFH) akan kembali digelar pada tanggal 22 Juni 2024 di Pantai Midodaren, Kabupaten Tulungagung mengangkat tema "Rise of Reminiscene" yang berarti kenangan (tenun) yang dihidupkan kembali, dan berkonsep busana kebaya dan sarung ready to wear dari bahan Tenun Jawa Timur.

Rilis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Kamis (6/6/2024) mengatakan, mengangkat tenun dalam tema kali ini karena perkembangan wastra tenun masih terbilang lambat dibandingkan dengan batik. Agenda utama dalam gelaran East Java Fashion Harmony adalah fashion show oleh 30 desainer muda siswa SMK, 6 desainer profesional Jawa Timur dan mancanegara, serta desainer disabilitas dan 40 peraga busana Jawa Timur. Adapun rangkaian kegiatan pendukung diantaranya Bootcamp siswa SMK yang didukung oleh Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Bincang Wastra serta pameran produk wastra, dan ekonomi kreatif Jawa Timur dan pergelaran seni budaya Jawa Timur.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Evy Afianasari.mengatakan, gelaran tersebut merupakan yang ke enam kali sudah diadakan di Jawa Timur dan masuk dalam 10 (sepuluh) event di Jawa Timur yang terpilih dalam program Karisma Event Nusantara 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Event yang digelar konsisten setiap tahun ini bertujuan untuk menggali, mengangkat, dan mempopulerkan khasanah wastra Jawa Timur serta melestarikan budaya melalui wastra. 

 okasi Pantai Midodaren, Tulungagung dipilih sebagai venue East Java Fashion Harmony dengan pertimbangan bahwa Pantai Midodaren merupakan daya tarik wisata yang saat ini telah dikembangkan dan memiliki fasilitas yang cukup memadai, yang pada tahun 2023 telah meraih penghargaan East Java Tourism Award, dan sekaligus sebagai upaya untuk mempromosikan daya tarik wisata dan menggerakan ekonomi di jalur lintas selatan. (van/hjr)

#Pariwisata #East Java Fashion Harmony #kebudayaan