Rabu, 8 Mei 2024

Dukung SCNC 2022, Pimpinan DPRD Jatim Sowan ke PWNU

Diunggah pada : 27 Oktober 2022 17:34:43 81
Ketua DPRD Jatim, Kusnadi, Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah, Anwar sadad, Sahat Tua simanjutak saat di kantor PWNU

Jatim Newsroom - Terkait pelaksanaan puncak hari santri yakni penyelangaraan Santri Culture Night Carnival (SCNC), di JX Internasional Surabaya, Sabtu 29 Oktober 2022 mLam mendatang, Pimpinan DPRD Jatim yang dipimpin langsung Ketua DPRD Jatim Kusnadi, sowan langsung ke kantor PWNU Jatim, Kamis (27/10/22) sore.

Kedatangan Pimpinan DPRD Jatim ini dilakukan untuk menindaklanjuti keinginan PWBU Jatim yang akan melakukan audensi ke DPRD Jatim, namun ditolak oleh Kusnadi sebagai Ketua DPRD Jatim. Pasalnya Kusnadi mengatakan tidak etis bila para Kyai yang mendatangi DPRD Jatim. Justru DPRD lah yang harus datang ke PWNU Jatenemui para kyai NU.

"Terus terang, kami merasa kurang adat bila para Kiai yang audiensi ke kantor DPRD. Karena itu, kami sowan kepada para ulama di PWNU," ujar Kusnadi ditemui usai pertemuan.

Ketua DPRD Jati, Kusnadi yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan dalam pertemuan yang juga diikuti pimpinan DPRD lain, yakni Anik Maslachah, Anwar Sadad dan Sahat Tua Simanjuntak.

Sementara itu jajaran PWNU Jatim yang menerima pimpinan DPRD Jatim, yakni Wakil Rais PWNU Jatim Prof KH Ali Maschan Moesa dan Ketua Peringatan 100 Tahun NU  KH Abdus Salam Shohib, juga tampak KH Romadlon Chotib dan KH Zul Hilmi Ghazali (Katib dan Wakil Katib Syuriah), M Koderi (Wakil Ketua), H Robith Fuadi (Wakil Sekretaris), H Rasidi, M Amin Mujib.

Anwar Sadad Wakil ketua DPRD Jatim, mengatakan NU justru selalu hadir dalam setiap ada masalah di tengah masyarakat dan perjalanan bangsa. "Terus terang, NU lebih hadir dalam perjalan sejarah. Partai politik kalah. Karena, kami menyadari dan memang lebih banyak belajar dari NU," ujar Anwar Sadad yang juga Ketua Partai Gerindra Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, Kiai Abdus Salam Shohib Ketua Peringatan 100 Tahun NU, lebih banyak menjelaskan soal agenda Peringatan 100 Tahun NU yang digelar PWNU Jatim. Termasuk acara dalam mengembangkan kreativitas para santri dan kader muda anak bangsa.

Dijelaskan Kiai Abdus Salam, sejumlah pejabat menyatakan hadir dalam SCNC, acara yang dirangkaikan Peringatan 100 Tahun NU. Seperti Gubernur Jawa Timur, Hj Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto M.Sc., bersama Forkopimda Jawa Timur lainnya.

Kata Kiai Abdus Salam, SCNC 2022 dengan tagline "Wonderfull Santri, Harmoni, Kolaborasi dan Inovasi", akan dihadiri sebanyak 5000 santri dan pelajar dari sejumlah daerah di Jawa Timur.  "Sesuai motto agenda Peringatan 100 Tahun NU 'Harmoni, Kolaborasi dan Inovasi', dalam SCNC kali ini, sepenuhnya melibatkan santri-santri berbakat. Baik dari Pondok Pesantren, badan-badan otonom NU maupun lembaga-lembaga di lingkungan NU, serta lembaga pendidikan yang mempunyai visi dan misi sama untuk kemajuan kebudayaan masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut Sekretaris Panitia SCNC, H Robith Fuadi atau Gus Robith menjelaskan, dalam pergelaran SCNC 2022, pihaknya akan mewadahi kreativitas dan ekspresi para santri dalam mengaktualisasikan dirinya di depan publik.

Selain, ada penampilan Marching Band dari MAN 1 Sidoarjo, Kirab Bendera Merah Putih bersama GP Ansor Jawa Timur, dan Kirab Bendera Nahdlatul Ulama bersama Pagar Nusa Jawa Timur.  Ada yang lebih menarik dari para mahasiswa.

"Yakni, Perform Sendratari Joko Tingkir dari Universitas Negeri Surabaya(UNESA). Ini merupakan _counter opini_ terhadap lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet yang mendapat kecaman di masyarakat. Sehingga, apa pun yang berkembang di masyarakat, kita wujudkan melalui aksi kreativitas dari para pelajar dan mahasiswa kita," jelas Gus Robith.

Penampilan lainya lanjutnya, ada Tari Rancangkapti dari PCNU Gresik, serta Penampilan Ikatan Seni Hadrah Republik Indonesia (ISHARI) lintas generasi. Artinya, mulai dari kelompok ISHARi anak-anak dan remaja hingga kelompok dewasa, yang sering tampil di kampung-kampung secara tradisi. "Tapi, kali ini dengan penampilan penuh inovasi dan kreativitas yang memikat dari kaum muda," tuturnya. (Pca/hjr)

#dprd jatim