Selasa, 21 Mei 2024

Dua IKM Unggulan Kab Pasuruan Terpilih Jadi Anggota InaExport

Diunggah pada : 7 Maret 2023 15:19:00 76
Foto : Dokpim Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Dua diantara Industri Kecil Menengah (IKM) unggulan yang mewakili Kabupaten Pasuruan dalam pameran berskala internasional The 23rd Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023 di Jakarta Convention Center yaitu sepatu kupu sutera dan batik alam pakrida mendapatkan peluang emas terpilih  menjadi  anggota InaExport.   Sebuah platform pelayanan satu pintu (one stop service) yang dikelola oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI) untuk memfasilitasi promosi produk pelaku usaha melalui media digital.

 

Dengan demikian, jejaring dan branding kedua merek dagang yang identik dengan konsep produk pewarna alam tersebut akan semakin luas. Siap bersaing dengan produk berkualitas ekspor lainnya yang dipromosikan melalui InaExport sebagai jembatan penghubung dengan calon pembeli dari luar negeri dan perwakilan perdagangan di luar negeri.

 

“Berkat keanggotaan di InaExport, kedua produk tersebut juga diberikan akses fasilitas ruang pameran permanen untuk mempromosikan ragam produknya di lantai 2 Gedung Utama Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat,”ujar pengrajin batik pewarna alam bercorak Pakrida dengan merek dagang Batik Alam, Ferry Sugeng Santoso hari ini, Selasa (7/3/2023).

 

“Sesudah pameran Inacraft berakhir, kami diundang ke Gedung Utama Kementerian Perdagangan. Ini sesudah kami terdaftar menjadi anggota InaExport. Jadi Alhamdulillah, saya dan pak Arianto - pengrajin Sepatu Kupu Sutera diberi kesempatan untuk pameran tunggal, display produk disana selama dua hari, setiap hari Selasa dan Kamis yang akan dihadiri para Duta Besar," jelasnya.

 

Seperti diketahui Pemerintah Kabupaten Pasuruan menghadirkan karya-karya kreatif handicraft unggulan dalam ajang pameran kerajinan terbesar yang digelar di Jakarta Convention Center mulai tanggal 1-5 Maret 2023 tersebut. Ada tiga produk IKM binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Pertama, batik dengan pewarnaan alam karya pebatik Ferry Sugeng Santoso, ke dua, produk sepatu sutera ramah lingkungan berlabel Kupu Sutera karya Arianto Nugroho dan ke tiga, produk bordir dari  Rumah Bordir Dewi Fathonah. (yan/n)

#kabupaten pasuruan