Rabu, 26 Juni 2024

Dosen Unair : Iduladha Momen untuk Solidaritas Sesama

Diunggah pada : 16 Juni 2024 15:49:02 31
Sholat Iduladha

Jatim Newsroom - Iduladha merupakan momentum yang selalu dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia. Momen tersebut melekat dengan keakraban dan kebersamaan. Dosen Kajian Budaya Fakultas Ulmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair) Dr Mochtar Lutfi SS MHum menyebut momen itu sebagai pengingat dan penumbuh solidaritas. Pasalnya, meskipun teknologi dan ilmu pengetahuan telah maju, tetapi tidak lantas menjadikan manusia lebih damai.

“Makanya, momen Iduladha ini dapat menjadikan manusia lebih baik. Karena intisari kurban adalah mendekatkan diri kepada tuhannya,” ungkapnya, dalam rilis Unair, Minggu(16/6/2024)

Iduladha, kata Dr Lutfi, mengandung dua esensi atau pemaknaan. Pertama, memberikan pengorbanan terbaik. Sesuai dengan cerita Nabi Ibrahim AS yang diminta Allah SWT untuk mengorbankan anak tunggalnya. Kedua, sebagai bentuk upaya mendekatkan diri dengan Tuhan. Dengan harapan perilaku semakin lebih baik.

“Sepakat dengan penjelasan Pak Quraish Shihab yang memberikan gambaran pada zaman Nabi Ibrahim, bahwa masyarakat saat itu memberikan kurban terbaik yang dimiliki untuk Tuhan,” ujarnya.

 “Sebagai upaya untuk mendekatkan diri dengan Allah, maka penilaiannya bukan berapa harga kurban. Akan tetapi, mengorbankan sikap buruk untuk menjadi lebih baik,” tambahnya.

 Iduladha di Indonesia juga menjadi menarik, lanjut Dr Lutfi, karena bertepatan juga dengan dilaksanakan ibadah haji. Maka, masyarakat menyambut Hari Raya Iduladha dengan lebih semangat. Bahkan, takbiran Iduladha lebih meriah daripada Idul Fitri.

 “Kalau Idulfitri kan konteks individual lebih menonjol. Jika Iduladha kan ada berbagi daging kurban, menyembelih bersama, dan nggak mungkin satu kurban itu untuk satu orang sendiri,” tuturnya.

Lutfi mengatakan, memang terdapat perbedaan pendapat terkait kurban yang seharusnya seperti apa. Di lingkungannya Sidoarjo, kurban lebih fleksibel. Masyarakat non-muslim juga mendapat jatah daging kurban, sehingga Iduladha juga dapat menjadi momen toleransi antarumat beragama di Indonesia.

 “Mungkin situasi sekarang tidak seperti yang diharapkan. Jadi, harus diingat semua yang terjadi di dunia selalu ada campur tangan Tuhan. Maka, ini menjadi motivasi kita untuk mengorbankan yang terbaik dan berguna bagi banyak orang,” tutupnya. (mad/s)

 

 

#unair