Jumat, 20 September 2024

Diskominfo Jatim Terima Audiensi ISTTS

Diunggah pada : 30 Juli 2024 15:31:36 62
Kadis Kominfo Jatim, Sherlita bersama Sekertaris, Kabid APTIK, dan Dastik menerima kunjungan atau audiensi ISTTS di ruang Argopura. (Ghufron)

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Dinas Kominfo Jatim) menerima audiensi serta kunjungan kerja dari Universitas Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS), Selasa (30/7/2024).

Rombongan ISTTS dipimpin  Wakil Rektor 3, Ferdinandus dan jajaran Dekan dan dosen diterima oleh Kadis Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin dan diikuti Sekertaris, Kabid Aptika, Dastik, dan katim IKP, serta Persandian

Kadis Kominfo Jatim berharap, pertemuan awal ini membawa keberkahan, dan berlanjut di pertemuan berikutnya untuk kerjasama Kominfo Jatim, dan ISTTS di banyak bidang.

Lebih lanjut, ia menjelaskan  di Diskominfo juga ada program klinik hoaks  dibuat untuk menjadi sumber rujukan dan tempat pengajuan bagi masyarakat dalam memvalidasi sebuah berita yang berupa fakta atau hoaks. Ke depannya inovasi dari Aplikasi Klinik Hoaks ini bisa bisa diadopsi direplikasi oleh Diskominfo Kabupaten Kota di Jatim. "Saat ini sudah ada 18 Kab/Kota yang sudah mereplikasi klinik hoaks tersebut dari 38 kab/kota,"katanya.

Klinik Hoaks adalah aplikasi yang dibuat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur untuk membantu masyarakat memeriksa kebenaran sebuah informasi, khususnya berita hoax. Dalam Aplikasi Klinik Hoaks, terdapat berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna, seperti pengecekan fakta dan pelaporan informasi yang tidak benar.

Aplikasi ini juga memberikan akses untuk melakukan konsultasi dengan tim ahli Klinik Hoaks Jawa Timur jika ditemukan informasi yang mencurigakan atau meragukan. Dengan adanya aplikasi ini. "Untuk Kinik Hoaks ini kedepannya terus dilakukan update atau perkembangannya yaitu bisa cukup melalui notifokasi Whatsap,"katanya.

Sherlita juga menyampaikan, di Diskominfo juga bidang ada tentang Aplikasi Informatika, Bidang Pengelolaan Data dan Statistik, serta Bidang Persandian dan Keamanan Informasi, dan juga Informasi dan Komunikasi Publik. "Untuk Perjanjian Kerjasamanya saat ini masih dikelola oleh pak Kabid APTIKA, dan Diskominfo Jatim juga bisa menerima mahasiswa dari ISTTS untuk bisa magang tentang perkembangan teknologi tersebut,"pungkasnya.

 

Sementara Wakil Rektor III ISTTS, Ferdinandus menyampaikan terima kasih telah menerima jajaran ISTTS di Diskominfo Jatim. Untuk lebih lanjut kerjasama dengan nantinya pihaknya akan membicarakan lagi dengan jajaran dosen, dan yayasan ISTTS.  "Kerjasama ini tidak hanya dibidang perkembangan teknologi saja, tapi kami berharap dan minta mahasiswa kami bisa magang juga di Diskominfo Jatim,"katanya.(pca/hjr)

#Diskominfo Jatim #iSTTS