Rabu, 1 Mei 2024

Diskominfo Jatim - Sulsel Sharing Pelaksanaan SATA

Diunggah pada : 24 Mei 2023 14:28:54 37
Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin memberi cinderamata kepada Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Sulsel, Fitra, di ruang Argopuro Diskominfo Jatim, Rabu(24/5/2023). Foto : Vicky

Jatim Newsroom- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur menerima kunjungan Diskominfo Provinsi Sulawesi Selatan, dalam rangka untuk mengetahui pelaksanaan program SATA (Satu Data).

Kunjungan tersebut disambut Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, Sekretaris Diskominfo Jatim, Suharlina Kusumawardhani, dan Kepala Bidang Data dan Statistik Diskominfo Jatim, Dewi  Nirmala bersama sub koordinator dan staf. 

Sementara rombongan Diskominfo Provinsi Sulsel dipimpin oleh Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Sulsel, Fitra, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Bahtiar dan Sekretaris Diskominfo Sulsel.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin menjelaskan bahwa peran Kominfo Jatim diharapakan sangat besar dan bermanfaat untuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan masyarakat. Untuk menunjung peran tersebut, Diskominfo terdiri dari lima bidang. "Dan rencananya pada tahun 2024 akan ada penggabung bidang Informasi Publik dengan bidang Komunikasi Publik menjadi bidang IKP, "ujarnya, saat memberikan penjelasan di ruang Argopuro Diskominfo Jawa Timur, Rabu(24/5/2023).

Dijelaskannya, program prioritas  yang sudah dijalankan oleh Kominfo Jatim diantaranya adalah pelaksanaan satu data, digitalisasi desa, diseminasi informasi melalui program kopilaborasi, klinik hoaks, flyer,videotron. Selain itu juga program interoperabiliotas open government dan kerjasama dengan perguruan tinggi. "Bagaimanapun juga keberdaan Diskominfo Jawa Timur harus mampu dirasakan oleh seluruh instansi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, masyarakat dan piahk lain yang membutuhkan data dari Kominfo Jatim, meskipun terkendala dengan anggaran,"jelasnya.

Dan atas perannya tersebut, Diskominfo Jatim mendapatkan banyak penghargaan diantaranya adalah mendapatkan penghargaan layanan Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE). Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan, Bahtiar mengungkapkan rasa terima kasih bisa berkunjung di Diskominfo Jatim. Tujuan dari kunjungannya tersebut untuk banyak mendapatkan pengetahuan terkait pengembangan pelaksanaan Satu Data (SATA).

"Di kabupaten kami sangat minim informasi tentang pengembangan SATA, dan hampir rata-rata terjadi diseluruh kabupaten di Sulawesi Selatan, sementara semangat mereka untuk memperjuangkan pelaksanaan SATA sangat gigih. Selain itu pihaknya juga terkendala oleh anggaran, "Oleh karena itu kami akan belajar banyak dari Jawa Timur yang sukses dan terbaik dalam pelaksanaan SATA, jadi langkah-langkah apa saja yang sduah di tempuh oleh Jatim dan langkah teknis apa yang sudah diambil, "ujarnya. (mad/hjr)

 

 

#Diskominfo Jatim