Sabtu, 4 Mei 2024

Diskominfo Jatim Gelar Desk Keterisian Data 2023 - Review Daftar Data 2024

Diunggah pada : 24 Januari 2024 18:02:40 31
Kepala Dinas Kominfo Jatim Sherlita Ratna Dewi Agustin saat memberikan Pengarahan Desk Keterisian Data 2023 dan Review Daftar Data 2024. (Foto : RyandJNR)

Jatim Newsroom - Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Desk Keterisian Data Tahun 2023 dan Review Daftar Data Tahun 2024, 24 - 25 Januari 2024 di Aston Hotel Jl. Kahuripan Raya Sidoarjo.

Dalam kegiatan yang merupakan Forum Statistisi ini diikuti oleh 75 peserta unsur operator dan verifikator dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim. Rapat yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo Jatim sebagai Wali Data ini diharapkan dapat mendukung penyediaan data dan metadata di portal Satu Data Jawa Timur serta menetapkan daftar data yang memenuhi kualifikasi data terbuka untuk dapat diakses dalam portal Open Data Jawa Timur sebagai bentuk pelayanan publik.

Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin dalam pengarahannya mengatakan,  penyelenggaraan statistik di lingkungan OPD Pemprov Jatim sebagai produsen data diperlukan kerjasama untuk menginput data up-to-date dan cermat untuk mewujudkan ketersediaan data yang mudah diakses dan dibagikan antara produsen data di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Dalam kesempatan ini saya mohon disampaikan data yang sudah dijanjikan oleh OPD maka itulah yang diisikan. Saya minta Kabid Dastik evaluasinya tidak boleh tahunan seperti sekarang tetapi evaluasi per tiga bulan. OPD harusnya awal Januari sudah laporan data, misalnya Diskominfo menjanjikan ada 20 dataset yang baru diisi lima, maka adanya desk inilah yang harus dilakukan kita semua tidak hanya Dinas Kominfo tetapi juga BPS dan Bappeda," kata Kata Kadis Sherlita.

Dipaparkan capaian keterisian data tahun 2023 di portal Satu Data Jatim mencapai 67,47% dari 58 OPD, karena ada OPD yang keterisian data masih 0%, untuk itu pihaknya mengharapkan kerjasama para operator dan verifikator Satu Data Jatim untuk intens menginput data statistik sektoralnya ke portal Satu Data Jatim sesuai dengan target dan periode data. Sesuai Surat Edaran Sekdaprov.

Jatim, untuk daftar data tahun 2024 ada 2314, sebanyak 2023 daftar data yang telah diinput di aplikasi Satu Data Jatim atau 87,42%, terbagi atas 968 daftar data telah dibuat kamus data dan sisanya 1055 belum dibuat kamus data. Untuk memberikan apresiasi bag OPD dalam pengelolaan data ini, pihaknya juga tetap akan menyelenggarakan Satu Data Jatim Award 2024 dengan format lebih mudah dan data riilnya serta metode penilaian yang komprehensif nilai data dari OPD dan Kabupaten Kota. (pno/hjr)

#Diskominfo Jatim #Desk Keterisian Review Data