Jumat, 17 Mei 2024

Diskominfo Bojonegoro - TNI Gelar Bimtek Literasi Digital

Diunggah pada : 27 Oktober 2022 9:13:36 48
Sumber foto ; Diskominfo Kabupaten Bojonegoro

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bojonegoro menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi Digital dalam Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke – 115 tahun 2022, kegiatan ini diikuti anggota TNI, Karang Taruna, dan Perangkat Desa Sekaran, di Balai Dusun Ngantru, Desa Sekaran Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (26/10/2022)

Bimtek ini merupakan salah satu wujud dari usaha  menjaga kualitas informasi yang ada di website ataupun media sosial agar selalu ter-update dan sesuai dengan kaidah-kaidah pemberitaan.

Komandan SST II- Letda Inf. Moch. Baidawi menyampaikan rasa senangnya dengan dukungan kegiatan dari OPD Pemkab Bojonegoro yang antusias mendukung TMMD Ke-115 ini. Dukungan itu berupa fasilitas desa setempat. Ia berharap kedepannya Kominfo setiap bulannya melakukan Bimtek di desa. TMMD ini berakhir tanggal 9 Desember 2022.

Moch. Baidawi mengungkapkan, selain kegiatan non fisik, ada pula sasaran kegiatan fisik TMMD yaitu rehab perpustakaan SDN Sekaran I, Pembangunan toilet SDN Sekaran III, Pembangunan Toilet SDN Sekaran II, pembangunan Bronjong (Desa Sekaran - Desa Hargomulyo), Pembangunan TPT RT 08 RW 03, pembangunan Drainase -1 RT.03 RW.03, serta pembangunan drainase-2 RT05 RW.03.

Sementara itu, Kepala Dusun Ngantru, Darwanto, menyampaikan Bimtek sosialisasi pelatihan dari Kominfo ini sangat bermanfaat karena saat ini kebebasan Karang Taruna dalam bermedia sosial sangat luar biasa. Adanya bimtek ini, diharapkan karang taruna lebih sopan, dan terukur mana yang benar serta mana yang salah.

Karang taruna sebagai generasi penerus dari Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekaran mampu mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di Desa Sekaran dan mampu mempublikasikan di dunia online.

Dalam kegiatan ini, hadir pula Nanang Fahrudin sebagai narasumber yang memberikan materi teknik jurnalistik dan penulisan naskah berita secara dasar. 

Nanang menjelaskan, langkah jurnalistik secara dasar adalah dengan mencari informasi yang hangat (aktual), penting dan relevan, mengumpulkan informasi/riset data, memverifikasi informasi/data, hingga wawancara narasumber.

"Yang terpenting adalah bagaimana kita mempromosikan desa kita lewat media online maupun lewat media sosial. Kini saatnya bermedia sosial yang bijak, mengunggah hal-hal positif," terang Nanang.

Selain itu, turut pula hadir Iwan Siswoyo, yang menjadi narasumber untuk literasi digital, yakni bagaimana memanfaatkan media sosial.

Dalam kesempatan kali ini, peserta diajak langsung untuk praktek membuat foto, lalu membuat tulisan pendek dan langsung dipublikasikan lewat media sosial.

"Ayo kita manfaatkan media sosial untuk promosi desa,"ajaknya.(vin/s)

#literasi digital #Kabupaten Bojonegoro