Senin, 6 Mei 2024

Dishub Kabupaten Pasuruan Bersama Satlantas Gelar “Ramp Check “

Diunggah pada : 3 April 2024 15:10:24 7
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Guna memastikan keselamatan penumpang dan kesiapan kendaraan bus yang akan mengangkut para pemudik lebaran 1445 H, Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan bersama Satlantas Polres Pasuruan menggelar "ramp check" di Terminal Tipe A Pandaan.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Pasuruan hari ini, Rabu (3/4/2024), setiap bus yang transit di Terminal Pandaan diminta untuk berhenti. Selanjutnya petugas melakukan pengecekan pada fisik kendaraan. Termasuk kelengkapan yang ada di masing-masing bus, mulai dari kaca spion, ban, rem dll. Selama dua jam lamanya, ramp check selesai dilakukan. Hasilnya, petugas menemukan ban kendaraan yang sudah tidak layak, dalam artian ban sudah tipis dengan ditandai banyak keretakan di kulit ban. Selain itu, petugas juga menemukan kaca spion salah satu bus yang retak, dan masih adanya bus yang memasang klakson telolet.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan, Eka Wara Brehaspati mengatakan, ramp check oleh para petugas tidak hanya dalam bentuk pemeriksaan teknis laik jalan kendaraan. Melainkan juga dokumen trayek oleh Personel Dishub Kabupaten Pasuruan.

Ia bersyukur, rata-rata seluruh bus dilengkapi dengan dokumen trayek yang jelas dan fisik kendaraan yang lumayan bagus.

"Alhamdulillah banyak yang sadar. Tapi ada juga yang lalai, sehingga kami tegur dan beri peringatan agar tidak mengulangi kesalahannya lagi," tegasnya.

Sementara itu, Kanit Gakkum Satlantas Polres Pasuruan, Iptu Akhmad Khunaefi menambahkan, total ada dua bus yang masih ditemukan melanggar. Sebagai konsekuensinya, pihaknya memberikan surat peringatan yang ditanda tangani secara tertulis oleh supir itu sendiri. (yan/s)

 

  

#kabupaten pasuruan