Sabtu, 27 April 2024

Dies Natalis ke-33, Poltekbang Surabaya gelar Sidang Senat Terbuka

Diunggah pada : 18 Maret 2023 19:07:26 48

Jatim Newsroom - Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya menggelar rangkaian acara Dies Natalis ke-33. Salah satunya, Sidang Senat Terbuka dengan agenda utama Orasi Ilmiah “Dinamika Performa Aerodinamika Planform Sayap dan High Lift Devices pada Subsonic Aircraft” oleh Setyo Hariyadi Suranto Putro di Gedung Serba Guna Poltekbang Surabaya, Jumat (17/03/2022).

Acara digelar secara offline dan online lewat streaming youtube yang dibuka oleh Ketua Senat Suyatmo. Dalam paparannya, Setyo Hariyadi membahas tentang teknologi aerodinamik pesawat terbang. Perkembangan teknologi pesawat terbang semakin cepat. Gaya angkat pesawat terbang terpusat pada sayap, maka para desainer pesawat berlomba-lomba memodifikasi sayapnya. Kecenderungannya dulu dari symmetric airfoil menjadi asymmetric airfoil.

“Agar bisa menghemat bahan bakar bukan hanya dipengaruhi dari desainnya saja tapi menambah perlengkapan high lift devices. Penambahan peralatan sederhana, sehingga daya hambat lebih kecil dan daya jelajah lebih jauh. Ide-ide kecil tapi hasilnya besar, efisiensi bahan bakar pesawat terbang,” papar Dosen Tetap Prodi Teknik Pesawat Udara (TPU) Poltekbang Surabaya ini.

Dalam peringatan Dies Natalis ke-33 Poltekbang Surabaya, ia meminta para taruna/taruninya tidak takut bermimpi menjadi terbaik. “Kita bisa maju, jangan takut bermimpi. Kita sekolah vokasi, sekolah kedinasan dibawah Kementerian Perhubungan, kita punya wadah yang bagus, lebih unggul dan kita sebenarnya leading di lapangan,” pesan dia.

Pihaknya juga berharap ke depan Poltekbang Surabaya bisa mencetak SDM-SDM yang lebih unggul dan bisa mengantarkan hingga go international.

“Maka caranya harus perbanyak lagi link-link kerjasama internasional, kemampuan SDM dosen makin ditingkatkan,“ imbuh penulis 16 artikel jurnal internasional ini.

Direktur Poltekbang Surabaya M Andra Aditiyawarman dalam laporannya memaparkan capaian prestasi akademik maupun non akademik Poltekbang Surabaya selama tahun 2022.

Andra menyebut tingkat kinerja dari aspek manajemen Poltekbang Surabaya terkait daya serap anggaran tahun 2022 mencapai rekor tertinggi yakni 99,52 persen. Hal lain, Poltekbang Surabaya menjadi juara satker pengelolaan media sosial terbaik kategori TikTok dalam Rakornis dan Kesemaptaan Pegawai Tahun 2022 di lingkungan BPSDMP Kementerian Perhubungan.

“Peringatan Dien Natalis ke-33 adalah wujud apresiasi atas pencapaian dan keberhasikan kiprah Poltekbang Surabaya di usianya ke-33 tahun ini, dengan tujuan mempererat jalinan silaturahim membangun semangat kebersamaan dan menambah wawasan,” tegas dia.

Ke depan, Poltekbang Surabaya diharapkan menjadi yang terbaik dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional menuju first class airman di tahun 2045 mendatang.

Acara Sidang Senat Terbuka juga diikuti oleh para tamu undangan dari beberapa instansi, civitas akademika dan taruna/taruni Poltekbang Surabaya.(non)

#Dies Natalis ke-33 Poltekbang Surabaya

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait