Sabtu, 4 Mei 2024

Delegasi Psikologi Unair Ikuti Pertukaran Mahasiswa di Asia University

Diunggah pada : 14 Desember 2023 11:20:11 38
Delegasi FPsi Unair dan Asia University dalam salah satu rangkaian kegiatan

Jatim Newsroom – Delegasi Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Airlangga (Unair) baru saja mengikuti program pertukaran di Asia University, Taiwan. Sejumlah 13 mahasiswa dari berbagai angkatan ikut serta dalam kegiatan yang berlangsung pada 3-8 Desember 2023 itu. Turut terlibat pula Prof Dr Suryanto, MSi, Psikolog selaku dosen pendamping mahasiswa.

Syanika, perwakilan mahasiswa, menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama antara FPsi Unair dengan Asia University. “Ini merupakan inisiasi fakultas karena fakultas yang sudah bekerja sama dengan Departemen Psikologi Asia University,” tutur Syanika, Kamis (14/12/2023).

Di sana, mahasiswa delegasi FPsi Unair mendapatkan pembelajaran tentang masalah pekerja imigran Indonesia di Taiwan. Termasuk bagaimana pemerintah membantu organisasi-organisasi para imigran yang sedang bekerja di Taiwan. “Kita mendapatkan materi mengenai bagaimana pemerintah membantu organisasi-organisasi imigran itu. Terus juga biasanya kegiatan apa saja yang mereka lakukan misal pas ada kegiatan Agustusan atau yang lainnya,” terang Syanika.

Tidak dapat dimungkiri, problem-problem pekerja imigran Indonesia yang ada di luar negeri sering kali terabaikan. Oleh karena itu, materi seputar imigran di Taiwan ini memberikan wawasan sekaligus kesadaran bagi mahasiswa akan pentingnya regulasi dan bantuan pemerintah Indonesia dalam menangani masalah imigran. “Materi ini benar-benar membuka pandanganku, jadi aware juga sama mereka. Dengan adanya organisasi yang mengurus imigran ini jadi lebih membantu mereka, terlebih ketika terjadi masalah,” jelasnya.

Selain mempelajari tentang problem imigran di Taiwan, delegasi FPsi Unair juga mengikuti rangkaian kegiatan lainnya seperti sit in class dan seminar. Di sana, para mahasiswa melakukan presentasi dengan topik generative artificial intelligence (AI) dan saling bertukar pendapat dengan pihak Asia University. “Baik dari pihak kita maupun pihak Asia University saling bertukar ide mengenai topik tersebut melalui presentasi. Jadi, dalam kelas itu campur ada mahasiswa Unair dan ada mahasiswa Asia University gitu,” ujarnya.

Selain sit in class, lanjutnya, ada pula kegiatan seminar yang melibatkan Dekan dan Wakil Dekan III FaPsi Unair, Prof Suryanto serta Endang Retno Surjaningrum, MAppPsych, PhD, Psikolog. Keduanya masing-masing membawakan materi Problematic of Cross-Cultural Research in Psychology dan Delphi Method in Psychology.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga berkesempatan untuk mengikuti campus tour Asia University. Tujuannya adalah untuk mengenalkan setiap bagian dari Asia University kepada para mahasiswa dari Unair.  “Kita juga ikut campus tour, ini bagi aku seru banget karena kita diajak keliling gedung-gedung belajar, perpustakaan, dan area-area menarik lainnya,” imbuh Syanika.

Program pertukaran mahasiswa ini memberikan berbagai manfaat. Selain menambah relasi, kepercayaan diri dan kemampuan berinteraksi juga semakin meningkat. Untuk itu, mewakili delegasi FPsi UNAIR, Syanika berharap agar manfaat mengikuti program pertukaran mahasiswa ini dapat terserap dengan sebaik-baiknya.

Pada akhir, ia berharap agar program kerja sama antara FPsi Unair dengan mitra perguruan tinggi internasional lainnya dapat terus terjalin serta melibatkan mahasiswa. “Harapannya mungkin aku bisa terus menambah relasi enggak hanya dari kemarin ke Taiwan tetapi juga negara lain. Semoga ke depannya ada kolaborasi kegiatan lagi dengan acara-acara yang lebih seru,” tutupnya. (mad/hjr)

#unair