Rabu, 22 Mei 2024

CSIRT Jaga Keamanan Data dan Informasi dari Serangan Siber

Diunggah pada : 12 Juli 2023 9:36:52 1555
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Lumajang

Jatim Newsroom - Computer Security Incident Response Team (CSIRT) merupakan tim yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau, dan menanggapi laporan aktivitas insiden keamanan siber.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim), Achmad Fadlil Chusni saat menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Pembentukan CSIRT Kabupaten Lumajang.

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Lumajang ini dilaksanakan di Gedung Panti PKK Lumajang, Selasa (11/7/2023).

"Misi dari pembentukan CSIRT adalah membangun, mengoordinasikan, mengolaborasikan, dan mengoperasikan sistem mitigasi, manajemen krisis, penanggulangan dan pemulihan terhadap insiden keamanan siber," jelas Kabid Fadlil melalui rilis Humas Pemkab Lumajang, Rabu (12/7/2023).

Ia menambahkan, Diskominfo Jatim akan terbuka dan siap mendampingi Kabupaten Lumajang dalam pembentukan CSIRT Kabupaten.

"Mari kita bentuk bersama, kami akan senang hati untuk berkolaborasi dengan kabupaten dan kota, silahkan koordinasikan dengan kami atau langsung ke BSSN atau Badan Siber dan Sandi Negara," tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Informasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, Luluk Azizah, mengatakan pembentukan CSIRT merupakan langkah yang sangat penting dalam menjaga keamanan data dan informasi dari serangan siber.

Luluk menyampaikan, keamanan data dan informasi merupakan tanggung jawab bersama, sehingga perlu adanya sinergisitas antar Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Lumajang.

"Kebocoran data menjadi isu penting akhir-akhir ini. Untuk itu, perlu adanya pembentukan CSIRT di Kabupaten Lumajang, sehingga informasi dan data semakin terjaga dengan baik," tuturnya. (idc/s)


#keamanan siber #CSIRT #kabupaten lumajang