Selasa, 21 Mei 2024

Coklit Pilgub Jatim, Panwas Surabaya Temukan Data di TPS Berisi Pemilih Perempuan Semua

Diunggah pada : 27 Januari 2018 20:36:49 5
thumb

Jatim Newsroom - Panitia Pengawasan Pemilu (Panwas) Surabaya menemukan saat proses pendataan verifikasi Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) untuk Pilgub Jatim 2018, yaitu satu tempat pemungutan suara (TPS) berisi perempuan semua.

Ketua Panwaslu Kota Surabaya, Hadi Margo Sambodo mengungkapkan, temuan ini hasil laporan dari Panwascam Bubutan. "Saya mendapat laporan dari Panwascam Bubutan ada temuan seperti ini (Satu TPS isinya perempuan)," kata Hadi Margo, Sabtu (27/1).

Ia menjelasakan, satu TPS yang berisi perempuan semua itu merupakan data DP4. Data ini berasal dari data kependudukan kabupaten/kota yang telah dikonsolidasikan, diverifikasi, dan divalidasi oleh Kemendagri dengan menggunakan sistem informasi administrasi kependudukan, serta diintegrasikan dengan hasil perekaman sidik jari dan iris mata. Data ini kemudian disinkronkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir. “Saat ini proses Pencocokan dan Penelitian masih berlangsung di KPU. Dengan temuan ini, tentu Panwaskota Surabaya akan berkoordinasi dan klarifikasi dengan KPU Kota Surabaya,"ujarnya.

Hadi mengungkapkan, temuan satu TPS perempuan ini berada di TPS 006 Kelurahan Bubutan, Kecamatan Bubutan. Dalam form tersebut terlihat bagaimana kolom yang menunjukkan jenis kelamin berisi dengan huruf 'P' yang berarti Perempuan.

Hadi menambahkan, pentingnya pengawasan ini agar setiap warga negara bisa memperoleh haknya berpolitik untuk dipilih dan memilih. DP4 ini sedianya akan menjadi DPT Pilgub Jatim 2018. (Pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait