Rabu, 1 Mei 2024

Bupati Lamongan Pastikan Pos Pelayanan dan Pengamanan Idulfitri 1445 H

Diunggah pada : 10 April 2024 9:41:05 17
Peninjauan Pos Pelayanan dan Pengamanan di Kabupaten Lamongan. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi melakukan sidak secara langsung pada malam takbir, di pos pelayanan (posyan) Terminal Lamongan. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan pada malam takbir atau jelang Idulfitri 1445 H.

"Alhamdulillah sore tadi tim rukyah telah mendapati hilal pada 6,4 derajat, hal itu menandakan besok kita sudah merayakan hari kemenangan. Menyambut perayaan tersebut, saya bersama Forkopimda Kabupaten Lamongan melakukan sidak di pospam dan posyan untuk memastikan keamanan serta kondusifitas masyarakat,"  tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes saat melakukan sidak, Selasa (9/4/2024) malam.

Melakukan dialog interaktif bersama pos pengamanan (pospam) di Wisata Bahari Lamongan, Pak Yes mendapatkan laporan dari pospam di WBL bahwa kondisi masyarakat di wilayah utara (pantura) terpantau aman atau belum ada peningkatan volume dari masyarakat.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Lamongan, AKBP Bobby Adimas Candra Putra menjelaskan peningkatan volume masyarakat biasanya terjadi pada h+1 hingga h+7 lebaran. 

"Hingga saat ini kondusivitas masyarakat terpantau aman. Biasanya terjadi peningkatan volume masyarakat pada h+1 sampai dengan h+7 lebaran, namun tak perlu cemas karena Pemerintah Kabupaten Lamongan telah menerjunkan tiga ratus personel gabungan untuk mengawal kemanan serta kami juga terus menghimbau masyarakat agar tetap menjaga ketertiban," jelasnya.

Menurut laporan dari Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan, Heru Widi, hingga saat ini kondisi lalu lintas juga terpantau lancar. Perlambatan terjadi hanya di beberapa titik seperti di Pasar Babat dan perlintasan sebidang.

"Hingga saat ini lalu lintas terpantau lancar. Hanya titik tertentu dan jam tertentu terjadi perlambatan seperti perlintasan sebidang di jalan nasional dan Pasar Babat," terang Heru Widi.

Dengan adanya tiga Pospam (Alun-Alun, Babat, dan WBL) dan satu posyan (terminal) diharapkan mampu mengawal kondusivitas masyarakat dalam menyambut lebaran esok hari. Dalam posyan sendiri telah disediakan makanan ringan, minuman, tempat istirahat, check up kesehatan, perlengkapan P3K.

Pada kesempatan yang sama, Ia juga berkesempatan memberangkatkan pawai keliling dari Masjid Agung Lamongan. Menurut Pak Yes pawai keliling menyambut Idulfitri yang tiba esok hari merupakan wujud syiar agama Islam, dalam menyambut hari kemenangan dengan penuh antusias, kebahagiaan, dan keberkahan. (idc/s)

#Kabupaten Lamongan #lebaran #idulfitri