Kamis, 2 Mei 2024

BPSDMP Kementerian Kominfo RI Gelar Pelatihan Government Transformation Academy 2023

Diunggah pada : 24 Juli 2023 11:13:40 202
Pembukaan Pelatihan GTA oleh Kadis Kominfo Jatim.

Jatim Newsroom - Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Surabaya dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur melakukan Pelatihan Government Transformation Academy (GTA).

"Kegiatan yang diselenggarakan di kantor Dinas Kominfo Jawa Timur dari tanggal 24 sampai 28 Juli ini menjadi bukti langkah konkret dalam mendorong percepatan transformasi digital di pemerintahan, serta memperkuat kompetensi digital Aparatur Sipil Negara," kata Sherlita Ratna Dewi Agustin, Kadis Kominfo Jatim saat membuka kegiatan pelatihan di Ruang Anjasmoro kantor Diskominfo Jatim, Senin (24/7/2023) pagi.

Sherlita menyampaikan, terima kasih atas dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI terselenggaranya pelatihan GTA di lingkungan Pemprov Jatim. "Sinergi ini akan menjadi pendorong bagi pembangunan sumber daya manusia yang berkompeten di bidang Komunikasi dan Informatika untuk meningkatkan pelayanan publik di Provinsi Jawa Timur," terangnya.

Terselenggaranya Pelatihan GTA mencerminkan semangat kolaborasi untuk mencapai transformasi digital yang lebih efektif dan berkesinambungan di seluruh sektor pemerintahan. "Semoga pelatihan ini memberikan manfaat yang besar bagi peserta dan berdampak positif bagi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia," harapnya.

Kepala BPSDM Kementerian Kominfo, Eka Handayani dalam sambutannya mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI telah menetapkan percepatan transformasi digital di tiga aspek utama yaitu, bisnis, masyarakat, dan pemerintahan sebagai salah satu tujuan utamanya untuk mendukung visi dan misi Presiden Republik Indonesia.

Kegiatan pembukaan ini menjadi momentum penting untuk menunjukkan komitmen bersama dalam menghadapi era transformasi digital yang semakin pesat. BPSDM Kementerian Kominfo RI sebagai lembaga penelitian dan pengembangan sumber daya manusia khususnya di bidang Komunikasi dan Informatika, memiliki peran sentral dalam mendukung pembangunan dan pengembangan kompetensi digital ASN, TNI, dan Polri.

Dalam Pelatihan GTA yang diselenggarakan di Kantor Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, terdapat beberapa tema pelatihan yang dapat dipilih oleh para peserta, termasuk IT Essentials, Data Science Fundamental, Social Media Analyst, dan Digital Public Relation.

Sebanyak 100 peserta dari berbagai instansi dengan tenaga pengajar ikut dalam kegiatan ini. Dari 100 peserta tersebut terbagai dalam empat bidang, yakni : Bidang IT Essentials 22 peserta, Bidang Data Science Fundamental 26 peserta, Bidang Social Media Analyst 32 peserta dan Bidang Digital Public Relation 20 peserta.

Sementara empat pengajar dalam kegiatan ini, yakni : Andika Agus Slamet sebagai pengajar Bidang IT Essentials, Alif Prasetyo, S.Kom sebagai pengajar Bidang Data Science Fundamental, Dr. Meithina Indrasari, S.T. , M.M. sebagai pengajar Bidang Social Media Analyst dan Hening Budi Prabawati sebagai pengajar Bidang Digital Public Relation.

Seluruh pengajar dalam kegiatan ini berasal dari beberapa instansi, yakni : Sesko Indonesia, Kementrian Kominfo RI, Stikom Yogyakarta dan Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Dikatakannya, melalui pelatihan GTA, diharapkan para peserta dapat meningkatkan kompetensi digital mereka, sehingga mampu menghadapi tantangan era transformasi digital dengan lebih baik. (jal/magang/hjr)

#Diskominfo Jatim