Jumat, 17 Mei 2024

BPS Jatim Catat Sejumlah Data Ekspor-Impor di November 2023

Diunggah pada : 18 Desember 2023 13:07:05 100
Data Manufacturing PMI Indonesia dan Beberapa Mitra Dagang Utama Tahun 2023. Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Perekonomian negara mitra dagang utama Provinsi Jawa Timur (Tiongkok, India, Amerika Serikat, Jepang, dan Thailand) pada bulan November 2023 terlihat belum mengalami perubahan signifikan untuk nilai Puchasing Managers Index (PMI).

Mengutip laman Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim), Senin (18/12/2023), udang merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Provinsi Jawa Timur. BPS Jatim mencatat, pada tahun-tahun berikutnya perlu dilakukan langkah antisipasi agar komoditas Udang tetap menjadi komoditas unggulan terkait adanya tuduhan dumping dan praktik subsidi di pasar Amerika Serikat.

Selain itu, catatan peristiwa lainnya adalah impor gula pada bulan November 2023 dipengaruhi oleh produksi gula nasional pada tahun ini yang diperkirakan turun akibat dampak El Nino. Pemerintah sudah mengantisipasinya dengan penugasan impor gula konsumsi dan mentah sebanyak 1,01 juta ton tahun ini kepada 16 perusahaan milik negara dan swasta.

Meskipun nilai impor HS2 untuk golongan Serealia mengalami penurunan, nilai impor beras November 2023 mengalami kenaikan dibandingkan bulan Oktober 2023. Stok beras impor ini digunakan Bulog untuk memenuhi kebutuhan beras di daerah defisit beras di Jawa Timur dan wilayah timur Indonesia lainnya. (idc/s)

#ekspor #impor #BPS Jatim #Data Manufacturing