Jumat, 17 Mei 2024

Bina Potensi Maritim, Wadan Puspenerbal Hadiri Rakor Potmar 2024

Diunggah pada : 21 Maret 2024 20:49:06 39
Bagikan :

Jatim Newsroom- Guna menyelaraskan kebijakan pimpinan tentang pembinaan potensi maritim, Wakil Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Wadan Puspenerbal) Laksma TNl Bayu Alisyahbana mewakili Komandan Puspenerbal Laksda TNl Sisyani Jaffar menghadiri Rapat Koordinasi Potensi Maritim (Rakor Potmar) TA.2024, Kamis (21/3/2024).

Rakor Pormar yang mengangkat tema "Insan Potmar Siap Bersinergi Membangun TNI AL Untuk Indonesia Maju" ini, dipimpin oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal, Mayjen TNI (Mar) Hermanto bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

Rakor yang diikuti secara tatap muka dan Vicon ini bertujuan untuk menyampaikan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali Bidang Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) Tahun 2024, serta sebagai media untuk melaksanakan pembinaan teknis kegiatan binpotmar dan binsejarah kepada satuan bawah agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Selain itu, Rakor ini juga berfungsi untuk mengevaluasi pencapaian program dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi guna menemukan solusi pemecahan dan tindak lanjut dalam rangka meningkatkan hasil pelaksanaan tugas.

Dalam sambutannya, Aspotmar Kasal menyampaikan bahwa seluruh Staf Potmar diharapkan mampu merumuskan program Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) berskala nasional yang berpengaruh dan membawa dampak bagi nama besar TNI AL dengan aksi dan tindakan konkret yang dilaksanakan spotmar TNI AL tentu harus dapat dirasakan manfaatnya secara nyata oleh masyarakat.

Adapun yang menjadi prioritas program Dawilhanla tahun 2024 meliputi penanaman mangrove secara masif di seluruh wilayah Satkowil dan Satnonkowil, tindak lanjut pelaksanaan program Kampung Bahari Nusantara (KBN), penyelenggaraan kegiatan latihan penanggulangan bencana dengan skala nasional, peningkatan kemampuan dan kesiapan Bintara Potensi Maritim, pelaksanaan sosialisasi reformasi birokrasi melalui komunikasi sosial, serta pembentukan karakter nasional dan jiwa bahari bangsa melalui sejarah dan tradisi maritim. 

Pelaksanaan Rakor Potmar TNI AL TA 2024 selaras dengan program prioritas Kasal yaitu menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL sebagai prioritas utama dengan memantapkan pembinaan personel guna mewujudkan prajurit yang profesional, modern, dan tangguh. (hjr)

#puspenerbal