Selasa, 21 Mei 2024

Bertahan! Kota Pahlawan Kembali Puncaki Klasemen KEMPO Porprov Jatim

Diunggah pada : 15 September 2023 17:28:25 93
Cabor Shorinji Kempo dalam Porprov Jatim VIII/2023, di Kabupaten Jombang. Foto: Yanu/JNR

Jatim Newsroom - Kota Surabaya kembali menempati urutan paling atas klasemen dalam perolehan medali emas cabang olahraga (cabor) Shorinji Kempo di laga Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII/2023.

Berhasil mengungguli kontingen lain, Surabaya mengulang keberhasilan seperti di Porprov Jatim sebelumnya. Kota Pahlawan ini berhasil meraih 13 total medali, terdiri dari 6 medali emas, 5 medali perak dan 2 medali perunggu.

Di posisi kedua, Kabupaten Pasuruan berhasil membawa pulang 10 total medali, terdiri dari 4 medali emas, 3 medali perak dan 3 medali perunggu. Sementara itu, urutan ketiga ditempati Kabupaten Malang yang mengantongi 12 total medali, berupa 2 medali emas, 7 medali perak, dan 3 medali perunggu. 

Perwakilan KONI Kota Surabaya dari Bidang Litbang, Ermandaru, yang menghadiri penutupan acara, mengaku senang dengan prestasi yang dipersembahkan para atlet.

“Capaian ini sesuai dengan target yang dicanangkan, yaitu enam medali emas. Terimakasih pada semua atlet yang sudah berjuang maksimal sehingga mendapat prestasi membanggakan ini,” ungkap Ermandaru, Jumat (15/9/2023).

Ke depan, untuk menyambut kejuaraan lain termasuk nantinya Porprov Jatim IX, pihaknya akan langsung melakukan persiapan secara rutin, karena daerah lain sudah mulai menunjukkan kualitas. 

Ungkapan yang sama disampaikan oleh Ketua Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PERKEMI) Kota Surabaya, Ambar Joko Santoso. 

“Ini berkat kerja keras semua pihak. Kami memang mempersiapkan dengan baik sejak enam bulan terakhir latihan intens. Di Jember kami juara umum meraih 9 emas, sekarang 6 emas, ini sudah sesuai target. Sekarang bisa dilihat persaingan semakin ketat,” tambahnya.

Sebagai upaya ingin tetap mempertahankan gelar Porprov selanjutnya yang kemungkinan akan digelar di Kota Surabaya, Ambar menyebut akan terus memperkuat nomor-nomor yang lemah dalam perolehan medali.

“Terutama ditambah pelatih nomor randori atau perkelahian bebas. Kalau kerapian teknik dari dulu Surabaya selalu menang, tekniknya lebih bagus,” pungkasnya.

Pertandingan cabor Shorinji Kempo dilaksanakan selama tiga hari sejak 13 September 2023 dan ditutup hari ini 15 September 2023. Berlangsung di Gelora Abi As'ad Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Kabupaten Jombang, Shorinji Kempo dalam Porprov Jatim VIII/2023 ini memperebutkan 18 medali emas. (raf/idc/s)

#PORPROV Jatim #olahraga #Kempo #Jombang #Porprov Jatim VIII/2023