Minggu, 19 Mei 2024

Bantu Korban Gempa, PMI Jatim Kirim Relawan dan Bantuan ke Bawean

Diunggah pada : 1 April 2024 13:13:57 28
Bantuan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Timur untuk masyarakat Korban Gempa di Kepulauan Bawean. Sumber Foto: PMI Jatim

Jatim Newsroom – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Timur mengirim bantuan untuk masyarakat di Kepulauan Bawean yang menjadi korban gempa tektonik 6,5 magnitudo di wilayah perairan Tuban.

Mengutip laman PMI Jatim (1/4/2024), Sekretaris PMI Jawa Timur, Edy Purwinarto mengaku prihatin atas musibah gempa Tuban. “Namun dampaknya sampai ke di Bawean yang cukup parah. Semoga masyarakat tabah menghadapi cobaan di tengah masyarakat Bawean menjalankan ibadah puasa Ramadan,” ujarnya. 

Edy Pur berusaha keras untuk membantu dengan menurunkan relawan di sana. “Ketua PMI Jawa Timur Pak Imam Utomo juga sudah melaporkan ke PMI Pusat melalui zoom meeting mengenai kerusakan dampak gempa di Bawean. PMI Pusat juga sudah ambil langkah strategis. Namun lebih dulu PMI Jawa Timur turun lapangan dengan membawa keperluan diperlukan,” kata Edy.

Bantuan berupa uang tunai 50 juta rupiah juga langsung diserahkan ke PMI Gresik untuk diwujudkan dalam bentuk sembako. Sementara bantuan PMI Jawa Timur ke Posko Sakapura 300 terpal, 300 sarung, 300 slimut, 200 hygiene kit, 200 family kit. Dikirim dengan armada PMI. “Relawan kita masih di Bawean untuk membantu masyarakat,” tambah dia.

PMI Jawa Timur juga membuka Posko layanan di Kantor Kecamatan Sukapura. Agar lebih mudah menjangkau masyarakat bantuan tersebut didistribusikan ke kantor kantor desa, di antaranya Desa Lebak, Desa Suari, dan Desa Dekatagung.

Kikip Setiawan, seorang warga asal desa Kelompang Gubuk Kecamatan Tambak, bercerita, gempa datang secara tiba tiba. Saat itu Ia sedang di dalam rumah, rumah tiba tiba bergerak, genteng pada runtuh. “Spontan kami teriak gempa-gempa. Anak anak dan istri serta tetangga keluar rumah semua. Setelah itu melihat rumahnya ada yang retak-retak. Pada gempa susulan sekitar jam 15.00, saat itulah sebagian tembok rumahnya roboh,” tandasnya.

Kabid Pelayanan Markas PMI Jawa Timur, Andris Rufiyanto, yang berada di Posko Sukapura mengatakan terharu. “Meski tengah menghadapi bencana merereka sangat tertib tidak panik. Sejak kami di sini kehidupan masyarakat normal dan sangat tenang. Kondisi terkini, rumah rusak masih dalam proses rehab, warga malam hari tidur di tenda dan berdiri dapur umum di berbagai tempat dengan  tenaga mandiri,” terangnya.

Khusus untuk anak-anak yang mengalami trauma, dibutuhkan obat-obatan, tim trauma healing, air mineral (kebutuhan cukup tinggi), bahan makan instan, selimut, matras, baby kit, tandon air dan alat permainan anak. Sementara bahan yang sudah diserahkan yakni beras dan minyak seharga Rp 50 juta, terpalin 300, sarung 300, selimut 300, hygiene kit 200, dan family kit 200. (idc/s)

#Palang Merah Indonesia #PMI Jawa Timur