Rabu, 1 Mei 2024

Bank Indonesia Sebut Pertumbuhan Ekonomi Global Melambat

Diunggah pada : 23 November 2023 19:44:35 205

Jatim Newsroom - Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi global tahun 2023 sebesar 2,9% dan melambat menjadi 2,8% pada 2024. Ini karena pertumbuhan ekonomi dunia melambat dengan ketidakpastian yang masih tinggi.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono​, Kamis (23/11/2023) mengatakan, ekonomi Amerika Serikat (AS) masih tumbuh kuat didorong oleh konsumsi rumah tangga dan sektor jasa yang berorientasi domestik, sementara ekonomi Tiongkok membaik didukung oleh konsumsi dan dampak stimulus kebijakan fiskal. 

Inflasi di negara maju masih di atas target dengan tekanan yang mulai mereda. Dengan perkembangan inflasi ini, suku bunga kebijakan moneter termasuk Federal Funds Rate (FFR) diprakirakan bertahan tinggi dalam jangka waktu yang lama (higher for longer). 

Sementara itu, Yield obligasi Pemerintah negara maju, khususnya AS (US Treasury), naik tinggi karena premi risiko jangka panjang (term-premia) terkait tingginya kebutuhan untuk pembiayaan fiskal. Ketidakpastian pasar keuangan masih berlanjut dan berpengaruh terhadap volatilitas aliran modal dan tekanan nilai tukar di negara emerging market. (jal)

 

#bank Indonesia