Senin, 20 Mei 2024

AVC Challenge Cup for Men 2023, Timnas Putra Indonesia Petik Kemenangan Perdana

Diunggah pada : 8 Juli 2023 20:22:27 68
Timnas Putra Indonesia

Jatim Newsroom - Timnas bolavoli putra Indonesia memetik kemenangan perdana pada hari pertama AVC Challenge Cup for Men 2023 yang berlangsung di Taipei, Taiwan, Sabtu (8/7/2023). 

Kemenangan perdana itu didapatkan Rivan Nurmulki dkk. atas Srilangka di Pul F dengan skor 3-1 (25-21, 25-19, 20-25, 25-17). 

Hasil positif itu didapatkan tim asuhan Jeff Jiang tidak dengan mudah. Bahkan, pada awal set pertama sempat tertinggal dari Srilangka.

"Pada awal set pertama, anak-anak belum lepas dari tekanan. Karena kita baru sehari beradaptasi dengan lapangan. Tapi alhamdulillah pelan-pelan kita bisa keluar dari tekanan," ujar asisten pelatih, Erwin Rusni yang dihubungi usai laga.

Selain itu, tambah Erwin, di awal laga itu pertahanan para pemain banyak mengalami kegagalan. "Tetapi kita banyak dapat poin dari servis," lanjut Erwin.

Pada set ketiga, Srilangka mampu bangkit dan memenangkan set itu dengan 25-20. Menurut Erwin, hal itu karena ada beberapa kesalahan terutama pada pertahanan. "Untungnya kesalahan set ketiga itu bisa diperbaiki anak-anak pada set berikutnya," katanya menambahkan.

Timnas yang juga dipersiapkan menghadapi Asian Games XIX/2023 di Hangzhou, Zhejiang, Tiongkok, September mendatang itu, Senin (10/7/2023) akan menghadapi Bahrain. Jika menang menghadapi Bahrain, timnas dipastikan menjuarai Pul F. 

"Kita harus menang dari Bahrain agar enak di pertandingan selanjutnya. Hasil dari Srilangka tentunya akan menjadi bahan evaluasi," tukas Erwin.

Kejuaraan yang diikuti 15 negara ini (awalnya 17 negara, Uzbekistan dan Pakistan mundur) akan mencari juara yang nantinya mengikuti FIVB Challenge Cup for Men di Qatar, akhir Juli ini. 

Kejuaraan di Qatar itu diikuti juara-juara dari AS, Eropa, Asia, dan Afrika. Juara dari Qatar itu nantinya akan mengikuti VNL tahun depan menggantikan satu tim terbawah VNL yang terdegradasi pada tahun ini. (her/s) 

#olahraga