Kamis, 2 Mei 2024

Asosiasi Video Game Indonesia Datangi Kominfo Jatim

Diunggah pada : 18 Juli 2023 16:47:18 142
Diskominfo Jatim menerima audiensi dari Asosiasi Video Game Indonesia (AVGI) Jawa Timur, di kantor Diskominfo Jatim, Surabaya, Selasa (18/7/2023). Foto: Yudhis/JNR

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) menerima audiensi dari Asosiasi Video Game Indonesia (AVGI) Jawa Timur, di kantor Diskominfo Jatim, Surabaya, Selasa (18/7/2023).

Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, menyambut baik kedatangan AVGI Jatim. Ia juga mengatakan pihaknya siap membantu melakukan diseminasi informasi terkait AVGI. 

"Terima kasih. Saya jadi punya wawasan baru. Kami siap melakukan diseminasi informasi, ada apa saja di AVGI akan kita support. Kita akan buat seperti apa tampilannya untuk kami upload di medsos dan kami kirim ke semua kabupaten/kota se-Jatim," ujarnya. 

Topik terkait psikologi anak ketika bermain game, cara melepas stress dengan baik melalui game, penanganan kecanduan game berlebihan, dan lain-lain juga dibahas dalam audiensi ini. 

"Kami juga ada Relawan TIK, mungkin bisa berkolaborasi dalam upaya diseminasi informasi literasi digital dan topik-topik terkait game dan AVGI supaya bisa tersampaikan," tutur Kadis Sherlita. 

Selain untuk menjalin silaturahmi, audiensi ini dilaksanakan untuk mendiskusikan optimalisasi kegiatan yang akan disusun khususnya dalam signature event e-sports dan East Java e-Sports Awards di Jatim. 

"Terkait rencana kegiatan tersebut monggo kami bisa diajak ngobrol yang lebih intens lagi nanti," kata Kadis Sherlita. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua AVGI Jatim, Daniel Agung menerangkan, AVGI berupaya menjadi wadah yang mampu memajukan industri video games di tanah air, termasuk di Jawa Timur. 

Tidak hanya itu, AVGI juga mengandeng psikolog dan psikiater untuk memberi edukasi terkait game, termasuk ke sekolah-sekolah. 

"Sosialisasi dan literasi terkait games, seperti bermain game itu ada batasannya, perlunya peregangan sebelum bermain game, atau secara psikologis bisa emosi karena kalah terus atau dari sisi kesehatan jantung dan mata, dan lain-lain," jelasnya. (idc/s)

#Diskominfo Jatim #AVGI #game