Selasa, 7 Mei 2024

Angka Partisipasi Pilkada Ponorogo Ditarget Lebih Dari 70 Persen

Diunggah pada : 9 Desember 2015 16:11:39 6

Jatim Newsroom- Pj Bupati Ponorogo, Maskur menargetkan pelaksanaan Pilkada serentak di Kab Ponorogo bisa berjalan sukses. Salah satu indikasinya, kata dia, yakni angka partispasi masyarakat bisa  mencapai lebih dari 70%.

"Kalau nasional target angka partisipasinya 77,5% kalau di Ponorogo kami targetkan di atas 70%. Saya optimistis ini bisa tercapai" kata Maskur saat ditemui di Ponorogo, Rabu (9/12).

Ia menuturkan, dari pantauan awal angka partisipasi masyarakat cukup bagus. "Di Desa Siman Kecamatan Siman ini ada 7 TPS dengan DPT 2279 orang. Sampai pukul 10.00 WIB sudah 1.444 orang yang mencoblos itu sudah sekitar 60%," jelasnya.

Menurutnya, waktu pencoblosan hingga pukul 13.00 WIB jumlah pemilih bisa terus bertambah. "Banyak warga yang bekerja sebagai petani. Kalau di atas jam 11.00 WIB maka mereka bisa pulang untuk mencoblos. Ini jumlahnya bisa menambah angka partisipasi masyarakat," ujarnya.

Ketua KPU Ponorogo, Ikhwanudin menjelaskan jika angka partisipasi Pilkada Ponorogo 2010 sekitar 65% atau tidak sampai 70%. Untuk itu, target di atas 70% menurutnya cukup masuk akal dan bisa tercapai.

Sementara proses pengamanan Pilkada Ponorogo kini terus dilakukan. Kapolres Ponorogo, AKBP Ricky Purnama menjelaskan, personil Polri sudah didorong ke wilayah sejak H-2 hari Senin (7/12) kemarin.

Untuk pengamanan, lanjut dia, sudah dilakukan operasi skala besar, Selasa (8/12) malam. "Semalam kita gelar operasi razia kendaraan. Ini untuk memantau kemungkinan mobilisasi orang atau dana. Tapi sampai jam 1 dini hari saya pantau aman dan kondusif," tuturnya.

Sementara untuk TPS rawan, kata dia, ada sebanyak 29 TPS di wilayah Ngerayun, Suko, dan Pudak. Kategori rawan itu, lanjutnya, yakni karena kondisi geografis. "TPS rawan ini jauh dari Polres kalau ditempuh sampai satu jam dan tidak ada sinyal HP atau HT untuk komunikasi," katanya.

Namun, pihaknya kini telah menerjunkan dua anggota Polri di tiap empat TPS kategori rawan dibantu delapan anggota Linmas.  (afr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait