Minggu, 19 Mei 2024

AMSI Jatim.Gelar Literasi Media Untuk Publik

Diunggah pada : 29 September 2022 14:43:13 83

Jatim Newsroom -Penggurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur bekerjasama dengan tim Cek Fakta yang didukung oleh Google News Initiative kembali menyelenggarakan rangkaian kegiatan Literasi Media untuk Publik, digelar di Kampi Hotel Surabaya, Kamis (29/9/2022) pagi.

Ketua AMSI Jatim, Arif Rahman mengatakan, tujuan digelarnya acara ini ialah untuk untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan publik, terutama generasi muda di sekolah dan kampus, serta komunitas masyarakat sipil yang relevan, tentang pentingnya literasi media.

“Kegiatan ini sebagai upaya memperkuat pengetahuan dan keterampilan publik mengatasi mis/disinformasi,” terangnya.

Ditambahkan, secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman publik terhadap pers termasuk mekanisme kerja pers dan jurnalisme, meningkatkan kesadaran publik akan kekuatan media sebagai rujukan informasi di belantara infodemik informasi. “Meningkatkan keterampilan masyarakat mengidentifikasi mis/dis informasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Arif mengatakan bahwa kegiatan ini akan diikuti oleh puluhan peserta di wilayah Surabaya dan sekitarnya yang berasal dari berbagai latar belakang berbeda-beda.

“Para peserta terdiri dari generasi milenial, influencer, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), akademisi, kepala sekolah, guru, mahasiswa, aktivis pers mahasiswa, dan  masyarakat sipil secara luas yang berpotensi menjadi ujung tombak penyebarluasan literasi media di Surabaya  Raya. Alhamdulillah, untuk jumlah peserta yang mendaftar membludak sesuai dari yang kami targetkan,” pungkasnya.(mad/hjr)

 

#AMSI