Selasa, 21 Mei 2024

SIEJ MILIKI NAHKODA BARU

Diunggah pada : 5 September 2013 11:35:23 104
thumb

The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) atau Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia memiliki nahkoda melalui musyawarah di Pertemuan Nasional  ke 3 SIEJ. Pimpinan baru SIEJ, yakni IGG Maha Adi yang merupakan pengurus lama memimpin organisasi jurnalis lingkungan itu.
    Pemilihan yang dihadiri sekitar 40 jurnalis lingkungan di Indonesia tersebut tak membutuhkan waktu lama setelah seluruh peserta sepakat untuk tetap memberi kepercayaan pada pria bujang kelahiran, Jakarta 1972  ini untuk menakhodai SIEJ kurun waktu tiga tahun ke depan.
    IGG Maha Adi sendiri telah malang melintang di dunia jurnalistik dengan bekerja di sejumlah media massa nasional dan internasional seperti di Majalah Tempo, National Geographic, beritalingkungan.com dan situs energitoday.com.
    Selain sebagai jurnalis  Ia juga banyak terlibat dikegiatan yang berkaitan peningkatan kapasitas lingkungan baik sebagai instruktur maupun sebagai peserta.
    Dalam sambutannya usai terpilih kembali jadi Direktur SIEJ, IGG Maha Adi mengucapkan terima kasih kepada member SIEJ atas kepercayaannya.  “Terimakasih atas kepercayaan kawan-kawan yang sudah mempercaya saya untuk melanjutkan,  saya akan berupaya mengembangkan SIEJ ke arah yang lebih baik,” ujarnya.
    Anggota Lawata Institute Pertanian Bogor (IPB) ini juga mengharapkan agar dukungan kepada seluruh anggota SIEJ untuk mensukseskan program yang telah dirancang bersama dalam pernas ke 3 SIEJ.
    Pada pertemuan nasional ke SIEJ juga dihelat sejumlah kegiatan seperti pelatihan Geojurnalisme dan dialog bersama sejumlah penggiat lingkungan seperti NGO dan perwakilan pemerintah. Kalangan NGO diwakili oleh organisasi seperti  Direktur Eksekutif Nasional WALHI dan Greenpeace.  Sementara dari perwakilan pemerintah diwakili oleh Deputi  7 Kementerian Lingkungan Hidup, Henri Bastaman dan Staf Khusus Presiden Republik Indonesia untuk urusan perubahan iklim, Agus Purnomo.
    SIEJ adalah lembaga nirlaba yang dideklarasikan tahun 2006 oleh 45 jurnalis di tepi Taman Nasional Gunung Leuser Sumatera Utara. SIEJ adalah  organisasi wartawan lingkungan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, dan memiliki  keanggotaan  tersebar di seluruh Indonesia.
    Visi utama SIEJ adalah meningkatkan kualitas peliputan jurnalis lingkungan hidup di Indonesia melalui berbagai training, diskusi dengan pakar lingkungan, fellowship, dan scholarship untuk para jurnalis.
    SIEJ mendapatkan bantuan  dan kerjasama dari berbagai lembaga nasional dan internasional seperti ICFJ, Internews, EJN, Lucille Packard Foundation, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, WWF, TNC, CI, CIFOR, etc. (jal,sti)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait