Jumat, 17 Mei 2024

WAGUB LUNCURKAN KRDE AC UNTUK MUDIK GRATIS

Diunggah pada : 13 Agustus 2012 13:59:50 4
thumb

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Direktur Perkeretaapian Tundjung Inderawan saat Peresminan di Stasiun Gubeng Surabaya, Senin (13/8)

Pemprov Jatim bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Rel Diesel Elektrik AC (KRDE AC) Arjuno Express dan Kelud Express untuk mudik gratis. Pengoperasian dua set KA KRDE AC ini ditandai dengan penekanan tombol dan siraman air bunga setaman ke kereta oleh Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Direktur Perkeretaapian Tundjung Inderawan.
            Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Drs H Saifullah Yusuf (Gus Iful) saat Peresminan di Stasiun Gubeng Surabaya, Senin (13/8) mengatakan, PT KAI terus berbenah tanpa berhenti untuk mencari solusi meningkatkan angkutan masal seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk.  
    Pemprov Jatim menyambut baik peningkatan angkutan KA oleh Kementerian perhubungan dan PT KAI. Hal itu disebabkan angkutan masal Kereta Api (KA) dapat menekan dan menghemat energi apa lagi KA yang memakai penggerak listrik. Kelebihan KA ini antara lain mempunyai daya angkut yang cukup besar dan ketepan waktu perjlanan cukup tinggi dibanding angkutan lain seperti bus. Di samping itu naik KA dijamin nyaman karena ada peraturan baru yakni satu kursi untuk satu orang.
     Gus Ipul menuturkan, angkutan KA bebas pulusi dan murah tiketnya seperti naik KA ekonomi Rapi Dhoho Surabaya-Blitar lewat Kediri dan tiketnya hanya Rp 6.000/orang. Yang paling penting, dengan angkutan KA bisa mengurangi beban jalan dan bisa menekan jumlah angka korban kecelakaan di jalan terutama kendaraan motor.
    Pemprov Jatim prehatin dengan semakin meningkatnya angka kecelakaan khususnya pengendara motor pada masa angkutan Lebaran. “Memang naik motor irit BBM dan muah cepat tetapi resiko kecelakaan di jalan cukup besar” ujarnya.
    Menurut data Dishub, di Surabaya terjadi 3-5 orang setiap hari meninggal akibat kecelakaan, dari jumlah itu 2 diantaranya merupakan korbaan pengendara motor. "Itu di Surabaya apalagi jika kecelakaan di kabupaten/kota jumlahnya satu aja yang meninggal tiap harinya maka satu bulan bisa mencpai 40 orang tiap harinya," ujarnya.
    Oleh karena itu dengan KA diharapkan bisa menekan jumlah kecelakaan di jalan raya. Pemprov Jatim juga diharapkan mampu mendorong masyarakat agar KA menjadi salah satu pilihan angkutan sehari-hari.

Mudik-Balik KRDE
    Dengan diluncurkannya KRDE AC, juga digunakan Pemprov Jatim sebagai angkutan mudik-balik. Ini dilakukan sebagai wujud dari upaya pemerintah Provinsi Jatim dalam meningkatkan pelayanan angkutan KA sebagai salah satu moda angkutan massal. Dengan begitu dapat mengurangi volume lalu lintas jalan saat musim mudik lebaran.
    Program ini dilaksanakn sebagai rasa kepedulian Pemprov Jatim terhadap masyarakat kecil agar dapat merasakan perjalanan mudik balik selama Lebaran dengan nyaman, aman, dan selamat sampai tujuan.
    Mudik gratis dengan KRDE AC berlangsung mulai 13 sampai 27 Agustus 2012 atau H-6 hinggaa H+7 Lebaran. Rute KRDE AC Kelud Express yakni Surabaya Gubeng – Blitar PP lewat Kediri berangkat dari Stasiun Gubeng pukul 09.00 dan berangkat dari Blitas ke Surabaya pulul 15.00.
    Kemudian KRDE AC Arjuno Express Surabaya Gubeng-Madiun PP berangkat dari Stasiun Gubeng pukul 16.30 dn berangkat dari Stasiun Madiun ke Surabaya pukul 04.00. Informasi tiket mudik gratis Lebaran bisa diperoleh di Dinas Perhubungan LLAJ Prov Jatim JL A-Yani Surabaya dan di Stasiun KA Gubeng.(ryo,sti/foto;sug)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait