Jumat, 17 Mei 2024

PAKDE KARWO BANTU SEMBAKO GRATIS WARGA BONDOWOSO-JEMBER DAN BANYUWANGI

Diunggah pada : 12 Agustus 2012 20:23:14 12
thumb

Gubernur Jatim Pakde Karwo saat Pembagian Sembako Gratis Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Desa Cermee, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Minggu (12/8).

Giliran masyarakat kurang mampu Bondowoso, Jember dan Banyuwangi mendapat bantuan paket sembako gratis dari Gubernur Jawa Timur DR H Soekarwo. Bantuan ini bertujuan meringankan beban masyarakat miskin (maskin) terhadap kebutuhan sembako, pada bulan Ramadan dan jelang Lebaran ini, karena harga kebutuhan pokok di pasar cenderung alami kenaikan. Bantuan sembako gratis masing-masing kabupaten tersebut sebanyak 5.000 paket.

“Pembagian sembako gratis ini diharapkan dapat membantu masyarakat kurang mampu untuk mengurangi beban konsumsi masyarakat saat Ramadan,” tutur Gubernur Jatim Pakde Karwo saat Pembagian Sembako Gratis Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Desa Cermee, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Minggu (12/8). Pembagian sembako gratis itu, Pemprov Jatim menyediakan bantuan sembako sebanyak 5.000 paket. Itu terdiri dari 5 kg beras premium, 2 kg gula pasir jenis tanjung, 5 bungkus mi instan, 1 liter minyak goreng, dan satu botol kecap manis.

Pakde Karwo sebelum membagikan sembako sempat guyonan pada masyarakat Bondowoso, yakni, beras yang kami berikan untuk masyarakat Bondowoso ini jenis premium. “Beras premium ini punel. Kalau dimakan belum ditelan sudah masuk sendiri, saking enaknya,” ungkap Pakde Karwo dengan logat Madura disambut tertawa masyarakat. Sedangkan gulanya jenis tanjung. Ini lebih manis dari gula pasir putih.

Pakde Karwo yang selalu humanis terhadap rakyat di Jatim ini terus berkelakar. “Kalau minum pakai gula jangan terlalu banyak biar gak kencing manis. Terus kalau goreng ikan, tahu dan tempe minyaknya sedikit saja yang penting matang dan sering dibolak-balik, dan lebih baik digodok saja. Agar tidak mudah kena stroke. Ini beneran,” candanya yang disambut terpingkal-pingkal masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan Pakde Karwo, berbagai upaya yang dilakukan Pemprov Jatim ini merupakan bentuk intervensi pemerintah agar harga sembako di pasar stabil. Untuk subsidi ongkos angkut, kata dia, pengiriman sembako dilakukan dari pabrik atau produsen ke 133 pasar tradisonal di 38 kab/kota.

Operasi pasar tandas dia terus berjalan hingga jelang Lebaran dan pembagian sembako gratis juga terus diupayakan. “Semua program untuk kendalikan harga sembako di pasar masih terus berjalan dan tak ada kenaikan harga yang terlalu besar,” ungkapnya.

“Misalnya beras premium jenis IR64 kini harganya Rp 8.500. Itu lebih rendah dibandingkan harga di provinsi lain yang mencapai Rp 9.500,” imbuhnya.

Menurut Wakil Gubernur Jatim Gus Ipul, kegiatan OPS dan pembagian sembako gratis sudah tiga tahun ini dilaksanakan Pemprov Jatim menjelang Ramadan dan jelang Lebaran. Dan Kami selalu mendampingi Pakde Karwo untuk kegiatan semacam ini..

Sebenarnya program ini, Pakde Karwo berkeinginan membantu seluruh masyarakat kurang mampu di Jatim. Namun, karena keterbatasan anggaran jadi setiap kabupaten/kota mendapat  5 ribut paket sembako.” Pamprov berupaya tahun depan untuk ditingkatkan jumlah sembakonya,” ungkap Gus Ipul                    

“Pembagian sembako gratis bagi masyarakat kurang mampu, diharapkan sembako dapat beredar di masyarakat. Jika kebutuhan pokok masyarakat tercukupi, maka permintaan akan berkurang, sehingga dapat menstabilkan harga kebutuhan pokok,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk mengendalikan lonjakan harga agar harga sembako tetap stabil, ya program semacam ini (OPS, sembako gratis, dan bantu ongkos angkut sembako dari pabrik ke pasar) yang tepat dilakukan. “Dan Jatim, merupakan provinsi yang berani membuat terobosan pengendalian harga sembako,” tandas Gus Ipul.

                Bupati Bondowoso Drs H Amin Said Husni menuturkan terima kasih tak terhingga atas nama masyarakat Bondowoso adanya bantuan sembako gratis. Diharapkan, dengan bantuan ini akan sangat membantu masyarakat kurang mampu di sekitar Kecamatan Cermee untuk dapat turut serta merasakan indahnya dan nikmatnya bulan Suci Ramadan hingga Lebaran nanti.

Upaya yang dilakukan oleh Pakde Karwo bersama Gus Ipul merupakan niatan nilai ibadah yang sangat tinggi arti dan pahalanya. Oleh karena itu, dirinya menyatakan mendukung penuh program Pakde Karwo dan Gus Ipul untuk dapat dilanjutkan. “Saya mendukung program Pakde Karwo dan Gus Ipul,” tandasnya.

Dalam pembagian sembako itu, Pakde Karwo dan Gus Ipul menyempatkan diri berjabat tangan dengan masyarakat terutama para ibu dan anak-anaknya. (jok/foto;hen)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait