Jumat, 17 Mei 2024

PT KAI DAOP VIII SIAPKAN ENAM KA LEBARAN

Diunggah pada : 8 Agustus 2012 9:49:32 4
thumb

Mengantisipasi ramainya arus mudik dan balik Lebaran, PT KAI Daerah Operasi VIII Surabaya menyiapkan enam Kereta Api (KA) tambahan jurusan Surabaya-Jakarta, Surabaya-Bandung, Surabaya-Yogyakarta, Malang-Jakarta. KA itu akan dioperasikan pada 14-27 Agustus 2012.
            Manager Humas PT KAI Daop VIII Surabaya, Sri Winarto, di kantornya di kawasan Stasiun Gubeng Surabaya, Rabu (8/8) mengatakan, enam KA Lebaran itu adalah KA Gajayana jurusan Malang-Jakarta, KA Matarmaja rute Malang-Jakarta, KA Sancaka pagi dan sore rute Surabaya-Yogjakarta, KA Pasundan rute Surabaya-Bandung dan KA Kertajaya Surabaya-Jakarta.
            Menurut Sri Winarto, pembelian tiket untuk KA lebaran sudah dimualai sejak (6/8) lalu dan ada bebera KA yang tiket untuk mudik sudah habis terjual. KA yang sudah habis terjual tiketnya untuk mudik mulai 14-27 Agustus 2012 adalah KA Pasundan Lebaran Surabaya-Bandung dan  tiket arus balik pada 22-27 Agustus 2012 untuk KA Kertajaya Jakarta-Surabaya.
            Sementara untuk KA Sancaka Lebaran pagi dan sore sampai hari ini Rabu (8/8) untuk bemberangkatan 14-26 Agustus 2012 masih banyak kursi  kosong. Hanya pada tanggal 17 dan 27 Agustus 2012 tiket KA Sancaka Lebaran yang sudah terjual habis.
            Masih tersedianya kursi di  KA Sancaka pagi maupun sore Surabaya-Yogjakarta tersebut tidak terlepas dari pola konsumen dan pelanggan KA tersebut. Menurut data dan pengamatan Daop VIII selama lima tahun terakhir pembelian tiket untuk KA Sancaka pagi dan sore selalu terjadi pada dua hari menjelang pemberangkatan. Pola ini yang menyebabkan KA Sancaka hingga hari ini masih banyak kursi yang kosong untuk mudik dan balik Lebaran.
            Selama angkutan Lebaran PT KAI Daop VIII Surabaya telah menyiapkan 11.872 tempat duduk untuk setiap KA atau 44.000 tempat duduk setiap harinya.  Jumlah tersebut diasumsikan dengan kapasitas satu kereta penumpang berjumlah 848 kursi. Sedangkan armada lokomotif yang disiapkan sebanyak 36 unit dan  armada kereta yang siap dioperasikan berjumlah 219 unit.
Menghadapi Lebaran 2012 PT KA Daop VIII sudah siap melayani masyarakat baik yang akan berlibur merayakan Idul Fitri atau bepergian yang menggunakan angkutan KA. Daop VIII telah mempersiapkan KA regular yang disesuaikan dengan daya tarik lokomotif kesegala jurusan, baik jarak pendek, sedang maupun jarak jauh.
Winarto menghimbau kepada para calon penumpang jika membeli tiket KA jauh hari sebelum keberangkatan di tempat penjualan resmi yang telah ditentukan. Sangat tidak dianjurkan untuk membeli tiket lewat calo karena ketidak sesuaian nama di tiket dengan nama pada kartu identitas penumpang akan ditindak tegas/diturunkan.
Kepada para penumpang yang merokok, di area stasiun telah disediakan area khusus untuk merokok. Dilarang merokok di luar area tersebut dan juga di atas KA selama perjalanan. Pedagang asongan tidak diperkenankan untuk berjualan di atas KA semua kela
kepada masyarakat/calon penumpang yang akan mudik dan balik Lebaran menggunakan angkutan KA  yakni tidak membawa barang-barang yang memakan tempat, jangan menggunakan perhiasan, kemudian jangan mudah percaya kepada orang yang baru dikenalnya. Kemudian jangan naik dilokomotif KA, jangan naik di atas gerbong KA dan jangan memaksa naik jika KA sudah penuh tunggu KA berikutnya khususnya KA ekonomi jarak pendek. (ryo)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait