Jumat, 17 Mei 2024

PUNCAK ARUS MUDIK LEBARAN DIPERKIRAKAN H-3

Diunggah pada : 2 Agustus 2012 15:02:47 3
thumb

Puncak arus mudik pra Lebaran 1433 H diperkirakan terjadi pada H1-3 atau 16 Agustus  dan puncak arus balik purna Lebaran diperkirakan terjadi pada H2+5 atau 25 Agustus.
Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) VIII Surabaya Sri Winarto di kantornya Stasiun Gubeng Surabaya, Kamis (2/8) mengatakan, masa angkutan Lebaran PT KAI Daop VIII Surabaya untuk Lebaran ini ditetapkan selama 16 hari, dimulai pra Lebaran selama 7 hari atau H1-7 pada 12 Agustus sampai 18 Agustus 2012 dan purna Lebaran selama 7 hari (H2+7) atau mulai 21 Agustus hingga 27 Agustus 2012.
Skenario operasi memenuhi rangkaian KA Reguler sesuai dengan stamformasi GAPEKA 2011 serta Maklumat Kereta Api (MALKA). Selain itu, dipersiapkan tahapan-tahapan mulai dari maksimalisasi stamformasi KA reguler, menjalankan KA Lebaran tertentu sesuai kebutuhan, maksimalisasi stamformasi KA reguler sampai batas daya tarik lokomotif, hingga menjalankan KA Lebaran tertentu dengan pola “V” slag.
Sarana yang disiapkan rangkaian 69 KA reguler dan 6 KA tambahan Lebaran Armada lokomotif disiapkan 36 unit. Sedangkan armada kereta yang disiapkan 219 unit. Prasarana, menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada titik-titik yang dianggap rawan seperti banjir dan longsor dan mengadakan pemeriksaan ekstra seluruh jalur KA serta perondaan di lintasan KA pada waktu-waktu rawan. Selain itu juga bekerjasama dengan instansi terkait pemkab/pemkot, aparat keamanan untuk keselamatan di perlintasan-perlintasan se-bidang.
Hal-hal terkait dengan KA tambahan Lebaran diatur sebagai berikut, KA Lebaran kelas komersial akan dijalankan mulai H1-5 sampai dengan H2+6 atau pada 14 Agustus 2012 hingga 26 Agustus 2012 KA Lebaran ekonomi akan dijalankan mulai H-7 sampai dengan H+7 atau pada 12 sampai 27 Agustus 2012
Penjualan tiket KA non ekonomi atau komersial untuk KA regular dapat dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan (H-90). Untuk KA tambahan Lebaran dilakukan mulai 1 Juli 2012 untuk keberangkatan mulai 14 Agustus 2012 atau H-5). Tempat penjualan pusat reservasi stasiun, kantor pos, agen tiket KA, Indomaret, Alfamart, dan melalui Railcard & Railbox, CIMB Clicks, Fastpay, dan Contact Center 121
Penjualan tiket KA ekonomi jarak jauh, untuk KA regular dan KA tambahan Lebaran dilaksanakan mulai 1 Juli 2012 untuk keberangkatan mulai12 Agustus 2012 atau H-7. Tempat penjualan/pemesanan direservasi stasiun dan stasiun online terhitung mulai 1 Juli 2012, pembelian/pemesanan tiket KA ekonomi jarak Jauh bisa dilayani 90 hari sebelum keberangkatan ata H-90.
Pelayanan reservasi/pemesanan tiket Dop VIII bisa di stasiun Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Surabaya Kota, Wonokromo, Malang dan Blitar dilayani mulai jam 00.00. Tidak menjual tiket berdiri pencetakan 1 tiket untuk 1 penumpang 1 pengantri dibatasi pemesanannya maksimal 4 (empat) tempat duduk
Okupansi maksimum tiap kereta ditetapkan 100 persen untuk semua kelas. Pada saat kapasitas angkut sudah terpenuhi, PT KAI tidak mengeluarkan tiket lagi untuk KA yang bersangkutan. Untuk menjaga ketertiban di stasiun selama masa angkutan Lebaran, maka penumpang diperbolehkan masuk ke area peron stasiun 1 jam sebelum keberangkatan/yang diperbolehkan masuk ke peron stasiun hanya mereka yang bertiket resmi dengan nama yang tercantum ditiket sesuai dengan nama pada kartu identitas resmi penumpang.
Petugas portir akan mengecek kesesuaian nama pada tiket dan kartu identitas penumpang dan akan dilanjutkan dengan pengecekan oleh petugas di atas KA. Penumpang yang nama pada tiket tidak sesuai dengan nama pada kartu identitas tidak diperbolehkan masuk ke area peron atau bila sudah di atas KA akan segera diturunkan di stasiun terdekat. (ryo)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait