Jumat, 17 Mei 2024

PELINDO III DIRIKAN POSKO LEBARAN

Diunggah pada : 1 Agustus 2012 14:46:18 5
thumb

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Persero III mendirikan sejumlah posko Lebaran di 13 terminal penumpang. Itu dilakukan guna mengantisipasi peningkatan jumlah arus pemudik Lebaran 2012 yang menggunakan jasa transportasi kapal laut.

Kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto, di Surabaya, Rabu (1/8) mengatakan, untuk menjaga keamanan pada saat arus mudik dan balik Lebaran ini maka masing-masing Posko Terpadu Lebaran ini dijaga dari petugas gabungan. "Mereka meliputi Pelindo III, Administratur Pelabuhan, Kepolisian, institusi dan unit kerja lainnya," ujarnya.

Hal tersebut, kata dia, sangat perlu dilakukan mengingat ada beberapa pelabuhan strategis di lingkungan PT Pelindo III yang diprediksi mengalami peningkatan jumlah penumpang seperti Pelabuhan Tanjung Perak, Tanjung Emas, Sampit, Banjarmasin, Gresik, Benoa, Lembar, Tenau Kupang, dan Kumai.

"Dari jumlah tersebut, beberapa di antaranya akan mengalami lonjakan penumpang pada arus mudik seperti Pelabuhan Banjarmasin, Sampit dan Kumai sedangkan pada arus balik justru Pelabuhan Tanjung Emas dan Tanjung Perak yang diperkirakan terjadi kenaikan jumlah penumpang," paparnya.

Edi menuturkan, saat ini 13 terminal penumpang sudah disiapkan untuk melayani para penumpang kapal laut yang ingin mudik maupun balik pada Hari Raya Idul Fitri 1433 H. Bahkan, persiapan ruangan bagi penumpang juga telah dilakukan sehingga diharapkan akan mampu untuk menampung penumpang lebih banyak daripada kapasitas. "Kami yakin dengan berbagai upaya tersebut maka kenyamanan bagi para penumpang semakin terjamin," katanya.

Di sisi lain, tambah dia, fasilitas terminal penumpang pun telah dilengkapi dan disediakan sarana prasarana memadai seperti toilet, ruang kesehatan, ruang menyusui, dan kantin. Khusus terhadap sejumlah terminal penumpang yang memiliki keterbatasan kapasitas, pihak Pelindo melakukan pemasangan tenda tambahan. Langkah ini sekaligus mengantisipasi ketika ruang tunggu terminal penumpang tidak cukup menampung luapan pemudik.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk kapasitas penumpang di Terminal Penumpang Gapura Surya saat memiliki luas area mencapai 4.522 meter persegi, Gapura Nusantara (2.384 meter persegi), dan Terminal Roro (2.573 meter persegi) “Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya memiliki kapasitas penumpang sebanyak 3.200 orang,” katanya.

Sementara itu, untuk terminal Penumpang Tanjung Emas memiliki luas area sekitar 4.530 meter persegi, sementara di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang berkapasitas penumpang sebanyak 2.500 orang. Sedangkan, di Terminal Penumpang Bandarmasih di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin memiliki luas 2.110 meter persegi dan berkapasitas 2.250 orang. Sementara, “Terminal Penumpang Jana Segara Sanggraha di Pelabuhan Benoa Bali dengan luasan 1.468 meter persegi disediakan tempat duduk minimal 220 orang,” urainya. (ris)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait