Senin, 20 Mei 2024

SEBANYAK 40 PERSEN PENGURUSAN PASPOR CJH JATIM RAMPUNG

Diunggah pada : 24 Juli 2012 11:35:19 6
thumb

Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur mencatat rata-rata 40 persen paspor calon jamaah haji (CJH) pada 38 kabupaten/kota se-Jatim sudah selesai. Terkecuali Kabupaten Bojonegoro yang sudah menyelesaikan pengurusan paspor sampai 100 persen.

"Paspor untuk CJH Bojonegoro yang sudah terselesaikan 100 persen, karena mereka masuk kelompok terbang pertama," kata Kepala Kanwil Kemenag Jatim Drs HM Sudjak MAg dikonfirmasi, Selasa (24/7).

Sudjak mengatakan, selain pengurusan paspor, visa juga sudah diproses dan diperkirakan sudah ada yang selesai pada Agustus mendatang.

Dikonfirmasi terkait masih belum selesainya pembuatan paspor dan visa, Sudjak menjelaskan, kendala pengurusannya karena masih menunggu kuota tambahan dari pemerintah pusat yang sampai saat ini masih menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi.

"Biasanya, kendala itu ada pada kuota tambahan yang hingga kini belum ada informasi dari Arab Saudi, padahal kloter pertama sudah berangkat pada 21 September," katanya.

Namun, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Imigrasi sejak 15 Mei lalu, termasuk jika informasi kuota tambahan datang bersamaan dengan proses keberangkatan CJH.

Dikonfirmasi terpisah Kepala Kantor Kemenag Kota Surabaya H Suwito mengatakan paspor CJH Surabaya sudah terselesaikan 70 persen, yakni sekitar 1.600-an dari 2.839 CJH dari Kota Pahlawan.

Suwito menjelaskan, untuk semua pengurusan paspor dan visa, jamaah tidak dikenai beban biaya. Karena ditanggung dari dana optimalisasi biaya penyelenggaraan ibadah haji yang sudah disetor jamaah. "Proses paspor dan visa itu tidak pakai membayar lagi, karena dibayar oleh Kemenag dari dana optimalisasi BPIH (biaya penyelenggaraan ibadah haji)," katanya.

Seperti diketahui, Kementerian Agama telah meminta penambahan kuota haji sebanyak 30.000 orang kepada Pemerintah Arab Saudi. Tetapi baiasanya yang dipenuhi hanya 10.000 orang. Jika pada tahun sebelumnya tambahan kuota itu 90 persen diperuntukkan program haji regular, maka tahun ini hanya untuk diprioritaskan untuk jemaah haji yang lanjut usia, di atas 80 tahun.

Sedangkan biaya ibadah haji mulai tahun 2012 ini naik menjadi 3.216 dollar AS, atau ada kenaikan 84 dollar AS. Kenaikan ini tidak bisa dihindari karena ada kenaikan biaya pemondokan, kenaikan avtur, dan kenaikan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. (fad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait