Senin, 20 Mei 2024

BARANG SITAAN JAMAAH HAJI DILELANG

Diunggah pada : 23 Desember 2011 21:34:28 7
thumb

Panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Embarkasi Surabaya melelang barang sitaan jamaah haji yang melebihi ketentuan standar penerbangan internasional. Dana hasil lelang selanjutnya akan diserahkan kepada yayasan yatim piatu serta kaum dhuafa di sekitar Asrama Haji Sukolilo Surabaya.
        “Barang jamaah waktu pemberangkatan yang dilarang oleh penerbangan internasional, saat ini menumpuk di Asrama haji, agar tidak mubazir, kita lelang untuk di tasarufkan kepada yang berhak,”Kata Kabag TU kanwil Kemenag Jatim, Hartoyo dikonfirmasi saat pelelangan, Jumat (23/12).
        Dia menuturkan, arang yang dilelang hari ini meliputi, rokok berbagai merek berjumlah 129 slop, minyak goreng berbagai kemasan sebanyak 420 botol serta barang-barang lain seperti, cobek, kompor,gunting, pisau maupun korek api berjumlah 2.775 biji.
        Dana hasil lelang tersebut, selanjutnya akan dibagikan kepada yatim piatu dan kaum dhuafa yang berada disekitar lokasi Asrama Haji Sukolilo. “Agar lebih bermanfaat, kita menyumbangkannya dalam bentuk uang. Karena kalau bentuk barang belum tentu bermanfaat bagi dhuafa,”ujarnya.
        Menurutnya, jika dibandingkan tahun lalu, jumlah barang sitaan yang melebihi ketentuan penerbangan internasional ini, angkanya lebih sedikit. Hartoyo menilai, menurunnya barang melebihi muatan ini karena pengalaman tahun talu panitia telah melakukan pemusnahan.
        “ Sebelumnya kita musnahkan, mungkin ini yang menjadi efek jera bagi jamaah. Sehingga tahun ini lebih sedikit,”paparnya.
        Kepala Bidang Urusan Haji Kanwil Kemenag Jatim Asyhuri, dikonfirmasi terkait pelelangan ini mengatakan, kebijakan melelang barang sitaan ini untuk mengantisipasi kemarahan dari para Jamaah haji. “Dulu waktu kita musnahkan, banyak jamaah yang protes, karena itu agar lebih bermanfaat kita lelang saja,”katanya.
        Dia mengatakan, penyelenggaraan lelang ini, pihak panitia mengundang peserta lelang dari koperasi asrama haji, toko-toko kecil sekitar Asrama haji, perwakilan PWNU,PW Muhammadiyah, IPHI serta Saudi Arabia airline.
        “Peserta lelang kita utamakan dari toko-toko sekitar Asrama Haji sendiri, Karena mereka yang paling dekat dijangkau,”ungkapnya.
        Mengenai jumlah dana yang terkumpul dari pelelangan, pihaknya masih belum mengetahui pasti. Karena saat ini masih dalam proses penghituangan panitia. (fad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait