Kamis, 2 Mei 2024

menag lepas kloter kabupaten lamongan

Diunggah pada : 26 Oktober 2010 10:24:29 11
thumb

menteri agama (menag) republik indonesia, suryadharma ali  melepas kloter 36 asal kabupaten lamongan. sebannyak 454 jamaah diberangkatkan dengan garuda air lines dengan nomor penerbangan 5110 pada 10.15 di bandara internasional juanda surabaya, senin (25/10).
     menag meminta, jamaah haji memanfaatkan letak pemondokan (maktab) pada tahun ini untuk lebih meningkatkan ibadah. sebab bila dibandingkan tahun lalu pemondokan jamaah haji 2010 lebih baik. pada tahun  ini ada 125 ribu jamaah dari 221 ribu jamaah indonesia ada di ring i atau 63 persen.
ali menuturkan, jarak ring i maksimal dua ribu meter dari masjidil harram di makkah. ini jauh lebih baik bila dibandingkan dengan 2009 yang 27 persen atau 57 ribu jamaah ada di ring i..
    sedangkan pada 2009 di ring ii terjauh 7.000 meter dan tahun ini 4.000 meter. pada tahun ini jamaah yang berada di ring ii ada 37 persen sedangkan  2009 mencapai 73 persen.
dengan jarak yang dekat ini dapat mengurangi jamaah tersesat saat melaksanakan ibadah haji. sebab jarak antara 2.000 meter sampai 4.000 meter ini pendek bila dibandingkan tahun lalu. jarak dekat ini untuk memotivasi jamaah untuk beribadah di masjidil harram.
untuk pemondokan di markajiah madinah jarak terjauh 500 meter dari masjid nabawi. jamaah yang berada di jarak ini mencapai 95 persen. sedangkan pada 2009 jamaah yang berada di jarak ini 87 persen. tahun ini di luar markajiah hanya 5 persen. jarak terjauh dari masjid nabawi untuk jamaah haji indonesia, yakni 700 meter. ini akan terus ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya.
    selain jarak yang dekat ada pos-pos yang siap membantu jamaah haji apabila tersesat. sedangkan apabila jamaah tersesat di pemondokan lain maka akan diantar hingga ke pemondokannya. untuk memudahkan mengetahui pemondokan indonesia di pasang bendera-bendera indonesia.
    humas panitia penyelengaraan ibadah haji (ppih), embarkasi surabaya, sugianto mengatakan, satu jamaah asal lamongan terpaksa harus menunda keberangkatannya karena sakit diare ringan. jamaah ini bernama rusni binti ikhsan (70) dan saat ini sedang dirawat di rumah sakit haji mulai malam tadi dan akan diberangkatkan apabila kondisinya sudah membaik dengan kloter lain.

pembangunan wisma haji batal
    menteri agama suryadharma ali  mengatakan, pembatalan pembagunan wisma haji karena terkendala dengan perizinan. pemerintah arab saudi belum memberikan izin pada investor untuk membangun gedung atau tower&ndashtower di arab saudi.
meski sudah ada pihak dari pemerintah indoenesia dan swasta baik dari dalam maupun arab saudi yang berkeinginan untuk membangunnya. sebab apabila indonesia membuat wisma haji sendiri akan berdampak pada pendapatan warga arab. sebab, sebelumnya mereka menyewakan rumah dan gedungnya untuk tempat tinggal jamaah haji dari indonesia.
ali menjelaskan, pelayanan haji tahun ini lebih transparan. contohnya, untuk tranparansi setoran awal calon jamaah haji sebelum 2009 sebesar rp 20 juta dan 2010 rp 25 juta.
uang ini berbunga dan digunakan untuk peningkatan pelayanan jamaah haji. contohnya untuk penginapan di ring i untuk satu jamaah dikenakan biaya 3.000-3.500 real. sedangkan satu jamaah haji indonesia dikenakan biaya 2.850 real. kekurangan ini digunakan dari bunga setoran ini.
selain itu, untuk asuransi jamaah haji pada tahun lalu dikenakan biaya rp 100 ribu, sedangkan tahun ini tidak ada iuran dana asuransi, namun masih mendapat asuransi. &rdquonah dananya juga dari dana bunga ini,&rdquo katanya.
dikatakannya, apabila ada keuntungan tidak digunakan untuk intensif aparatur pemerintah, baik menteri agama, panitia penyelengara ibadah haji (ppih). saat ini ada dana abadi umat kurang lebih rp 1,7 triliun. dana ini tidak digunakan sama sekali, sebab untuk menggunakannya memerlukan peraturan presiden, badan pelaksana, dan programnya. (oby)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait