Jumat, 17 Mei 2024

2021, Konsumsi Beras di Jatim Naik Menjadi 6,32 kg Per Kapita Sebulan

Diunggah pada : 13 September 2022 14:29:16 584
Sumber Foto: Istimewa

Jatim Newsroom – Di tahun 2021, konsumsi beras masyarakat Jawa Timur meningkat menjadi 6,32 kg per kapita sebulan dari angka 6,05 kg di periode sebelumnya. Konsumsi beras tersebut mencakup beras dan beras ketan.

Melansir laman resmi Badan Pusat Statistik Jawa Timur (BPS Jatim) dalam laporan Pengeluaran untuk Konsumsi Rumah Tangga Provinsi Jawa Timur 2021 pada tanggal 13 September 2022, tercatat bahwa pola konsumsi komoditi beras pada tahun 2021 mengalami perubahan jika dibandingkan pola beberapa periode sebelumnya. 

“Jika periode terdahulu konsumsi beras masyarakat Jawa Timur mengalami penurunan, tetapi saat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” ujar Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan. 

Di wilayah perdesaan, konsumsi masyarakat terhadap beras dan beras ketan sebesar 6,81 kg per kapita sebulan cukup tinggi dibandingkan di wilayah perkotaan yang sebesar 5,90 kg per kapita sebulan. 

“Diperkirakan hal tersebut disebabkan karena di masa pandemi banyak masyarakat yang berada di rumah. Selain itu, yang biasanya membatasi konsumsi, mereka di masa pandemi meningkatkan konsumsi dengan alasan menjaga kesehatan,” tambah Dadang. 

Kemudian konsumsi jagung basah dengan kulit yang termasuk ke dalam kelompok padi-padian menurun menjadi 0,24 kg per kapita sebulan untuk angka provinsi. Sedangkan di wilayah perkotaan sebesar 0,27 kg dan di perdesaan 0,20 kg. 

Untuk jagung pipilan/beras jagung mengalami peningkatan menjadi 0,20 kg per kapita sebulan, sedangkan di perdesaan sebesar 0,33 kg dan di perkotaan sebesar 0,10 kg. 

“Naiknya angka konsumsi pada kelompok ini bisa disebabkan karena beras jagung bisa digunakan sebagai pengganti beras, sehingga masyarakat di perdesaan lebih memilih untuk konsumsi beras jagung,” imbuh Dadang. (idc/n)

#BPS Jatim #beras #Konsumsi Rumah Tangga