Rabu, 8 Mei 2024

118 Unit Huntara di Desa Sumbermujur Lumajang Siap Ditempati

Diunggah pada : 9 Februari 2022 17:04:20 353

Jatim Newsroom- Berdasarkan data Posko Transisi Darurat Ke Pemulihan Pasca Bencana Erupsi Gunung Semeru per 8 Februari 2022 diketahui, 118 Hunian Sementara (Huntara) di lahan relokasi Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang selesai dibangun dan siap ditempati.
 
sementara Huntara yang masih proses pembangunan tercatat ada 53 unit. "Sebagian sudah mulai proses membangun, kemarin saya kesana sudah ada yang jadi beberapa unit, kemudian milik Pramuka Peduli Insyaallah, diperkirakan tanggal 10 Februari besok bisa rampung sekitar 19 unit, dan dari ACT juga masih proses," ungkap Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, Rabu (9/2/2022).
 
Indah juga mengungkapkan, pembangunan Huntara bagi warga terdampak Semeru akan terus dipercepat, sehingga sebelum bulan Ramadan 1443 H, masyarakat bisa menempati hunian yang disediakan. "Kami memacu supaya paling tidak sebelum Ramadan 1443 H mereka (warga terdampak erupsi, red) bisa menempati hunian," terangnya.
 
Selain itu, pemerintah daerah rencananya akan membangun Huntara sekitar hampir 2.000 unit, dan setelah rampung 100 persen nanti akan diserahkan kepada masing-masing keluarga, terutama bagi rumah warga yang hancur atau rusak serta berada pada zona merah.
 
"Jadi ini langsung diserahkan ke masing-masing KK, sambil kita berproses lahan negara ini untuk pelepasannya. Sehingga nanti bisa menjadi sertifikat hak milik, bagi warga terdampak," ungkapnya. (jal/hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait