Selasa, 7 Mei 2024

1.000 Anak Yatim Piatu di Pasuruan Mendapat Santunan

Diunggah pada : 3 April 2024 10:33:24 18
Foto : Pemkab Pasuruan

Jatim Newsroom – Bertempat di Aula Kantor PCNU Kabupaten Pasuruan dan disaksikan oleh Ketua PP Muslimat, Khofifah Indar Parawansa, Ketua Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Provinsi Jawa Timur, K.H. Ali Maschan Moesa; Ketua CPCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin dan ulama lainnya, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Akhmad Jazuli bersama Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto menyalurkan santunan untuk 1.000 anak yatim piatu

Dikutip dari laman resmi Pemkab Pasuruan hari ini, Rabu (3/4/2024), Jazuli mengatakan, penyaluran santunan ini merupakan wujud nyata tanggung jawab pemerintah bersama Baznas. Dimana selama ini, Baznas Jatim sangat aktif menghimpun zakat, infak dan sedekah dari seluruh elemen masyarakat. Apabila sudah terkumpul, maka langsung disalurkan kembali kepada mereka yang berhak menerima.

"Kami keliling Safari Ramadhan 2024 dengan menyalurkan santunan kepada seribu anak yatim dan piatu di kota/Kabupaten di Jawa Timur, dan siang ini kami kie Kabupaten Pasuruan," katanya. 

Dijelaskannya, penyaluran santunan kepada 1000 anak yatim dan piatu merupakan bukti bahwa Baznas hadir untuk membantu pemerintah. Khususnya dalam rangka menurunkan angka kemiskinan serta memberikan bantuan modal usaha bagi para pelaku UMKM dan usaha ultra mikro.

Ke depan, penyaluran santunan untuk yatim piatu maupun kegiatan lain seperti pemberian zakat produktif hingga bantuan kepada korban bencana merupakan program rutin yang akan terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang. "Mudah-mudahan tahun depan jumlah anak yatim piatu yang menerima bantuan semakin banyak," ujanya. 

Sementara itu, Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan santunan kepada anak yatim dan piatu di Kabupaten Pasuruan. 

Pemerintah Kabupaten Pasuruan juga telah menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh para karyawan kepada Baznas Kabupaten Pasuruan, dan setelah terkumpul semuanya, maka akan langsung disalurkan kepada warga kurang mampu yang membutuhkannya. 

"Kalau tidak salah hari ini atau besok adalah pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh terakhir dari para karyawan maupun karyawati Pemkab Pasuruan. Setelah terkumpul semua, kami harapkan bisa langsung disalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah," ucapnya. (yan/s)

 

#kabupaten pasuruan