Waspada Corona, AAL Terapkan Social Distancing

UMUM | 26 Mar 2020 03:50:47 PM

Waspada Corona, AAL Terapkan Social Distancing

Gubernur AAL, Laksda TNI Edi Sucipto saat meninjau proses belajar Taruna AAL dengan menerapkan social distancing. Foto : Dok AAL

Jatim Newsroom - Langkah preventif untuk mencegah dan memutus penyebaran Corona Virus Disease (Covid) 19 harus dilakukan secara bersama dan disiplin. Untuk itu Akademi Angkatan Laut (AAL) juga menerapkan hal yang sama dengan menerapkan Social Distancing sesuai ketentuan yang diserukan TNI/TNI AL yang sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam penanganan wabah yang menjadi pandemi global tersebut.
 
“Penerapan social distancing ini, merupakan perintah dari Komando Atas. Ini merupakan salah satu upaya yang dijalankan AAL, dengan mengedukasi personel dan Taruna melalui sosialisasi secara berulang-ulang tentang social distancing dan menerapkan pola hidup sehat dalam upaya memutus penyebaran Covid 19 ini,” terang Gubernur AAL, Laksda TNI Edi Sucipto saat meninjau pelaksanaan belajar mengajar Taruna di Gedung Mandalika, Mako AAL, Bumimoro, Surabaya, Kamis (26/3).
 
Menurut Gubernur AAL, setiap orang bisa mengurangi dan mencegah penyebaran Covid 19 dengan disiplin melaksanakan pola hidup sehat dan social distancing. Social distancing adalah tindakan untuk mengurangi kontak dengan orang lain dan menghindari melakukan kegiatan di keramaian.
 
Untuk kegiatan pengajaran, pelatihan dan pengasuhan (Jarlatsuh) bagi AAL, lanjutnya, Operasi Pengajaran (Opsjar) AAL telah mengatur jarak tempat duduk saat pelaksanaan belajar di kelas maupun di luar kelas. Menjaga jarak antara dosen dan Taruna saat melakukan pengajaran serta jarak duduk waktu makan bersama, jam istirahat dan kegiatan lainnya.
 
Selain itu, untuk personel organik, seperti instansi di jajaran pemerintah lainnya, AAL juga mengikuti anjuran pemerintah dan instruksi Komando Atas untuk menerapkan pembagian bekerja dari rumah (Work from Home) selama 14 hari kerja. Pelaksnaan secara bergilir dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid 19 ini.
 
Menurutnya, penerapan hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri dengan ihklas dan disiplin, mencuci tangan dengan benar gunakan sabun. "Kebiasaan cuci tangan sebelum dan setelah beraktifitas adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran Covid 19 atau gunakan hand sanitizer untuk membasmi kuman dan virus," ujarnya.
 
Penggunaan masker, lanjutnya, meski tidak sepenuhnya efektif mencegah terpapar kuman, namun penggunaannya tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman.
 
Menjaga daya tahan tubuh, tambah Gubernur AAL, adalah hal terpenting. "Upaya ini bisa dilakukan dengan selalu berfikiran positif, istirahat dan tidur yang cukup, mengkonsumsi makanan yang sehat dan cukup. Dianjurkan menambah suplemen seperti vitamin dan berolahraga secara teratur dan berlanjut," pungkasnya. (afr/s)

Views 1270
Web Statistic