Sabtu, 27 April 2024

Wakili Jatim, SMAN 5 Madiun Juara II Nasional LCC Hari HAM

Diunggah pada : 10 Desember 2018 22:26:13 19

Jatim Newsroom - Lomba Cerdas Cermat (LCC) peringatan Hari HAM se-Dunia ke-70 digelar oleh Kemenkumham. Satu wakil Jatim berhasil menyabet gelar juara II, yakni  SMAN 5 Madiun. SMAN 5 Madiun merupakan perwakilan Kanwil Kemenkumham Jatim dalam mengikuti lomba yang diikuti perwakilan Kanwil Kemenkumham se-Pulau Jawa itu.

Pada hari kedua perhelatan LCC ini dimulai dengan fase semifinal. Dua wakil Jatim yang tersisa, SMAN 5 Surabaya dan SMAN 5 Madiun bersaing dengan wakil-wakil lain.

Sampai di partai puncak, Jatim masih menyisakan satu wakilnya untuk bersaing dengan lima SMA lain. Tim dari SMAN 5 Madiun harus adu cerdas dengan SMAN 1 Wonosobo, SMAN 3 Kota Bekasi, SMAN 1 Sukabumi, SMAN 1 Surakarta, SMA 78 Jakarta.

Layaknya partai final idaman, kejar mengejar angka tak bisa dielakkan. Keenam tim saling kejar mengejar poin. Bedanya tak pernah terlalu jauh.

Dari enam tim terbaik itu, akhirnya SMAN 1 Wonosobo keluar sebagai juara pertama. Sedangkan SMAN 5 Kota Madiun harus puas menempati posisi kedua. Diikuti SMAN 3 Kota Bekasi di posisi ketiga.

Kabid HAM Kanwil Kemenkumham Jatim, Wiwit P Iswandari yang mendampingi dari awal laga mengaku bangga atas pencapaian wakil-wakil Jatim di LCC Hari HAM tahun ini. Menurutnya, keempat wakil Jatim telah memberikan yang terbaik dan berusaha sekuat tenaga hingga partai puncak.

Wiwit menjelaskan, semua ini tidak lepas dari pembinaan dan persiapan matang oleh semua pihak. “Kolaborasi antar instansi selama ini berjalan sangat baik, kami dan para siswa sangat menikmati proses yang ada,” ujarnya, Senin (10/12).

Wiwit yang menyebut anak didiknya sebagai pelajar jaman now itu telah mengapresiasi dan mau belajar memahami esensi materi HAM. Lebih dari itu, kurikulum di tiap sekolah telah mengadopsi aturan dan implementasi HAM.“Ini yang menjadi kunci sukses tercapainya tujuan utama dari pola pembinaan ini. Alhamdulillah kami dapat bonus bisa menjadi peringkat II pada turnamen LCC kali ini,” jelas Wiwit.

Dirjen HAM Kemenkumham, Mualimin Abdi mengaku terkesan dengan animo pelajar untuk mengikuti LCC sangat tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah peserta yang membludak sehingga panitia sampai harus membatasi jumlah peserta.

Mualimin berharap LCC ini menjadi agenda tahunan sebagai rangkaian peringatan Hari HAM yang jatih hari ini, 10 Desember. “Mudah-mudahan, tahun depan kami dapat menampung peserta yang lebih banyak agar lebih kompetitif,” ujarnya. (afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait