Jumat, 26 April 2024

Wajudkan Satu Data Jawa Timur, Diskominfo bersama Unair Lakukan MoU

Diunggah pada : 17 Juli 2018 15:15:14 9

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan dengan Universitas Airlangga pada Selasa (17/7) di Dinas Kominfo Jatim. MoU dilakukan guna mewujudkan gagasan satu data.

Kepala Dinas Kominfo Jatim, Eddy Santoso usai MoU mengatakan, satu data sebenarnya adalah program nasional yang sudah dikoordinasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Kominfo baik pusat maupun daerah. Namun, saat ini norma, standar, prosedur dan kriteria (NSPK) - nya sedang dalam tahap harmonisasi, sehingga belum masuk ke dalam program kerja pemerintah pusat.

Jadi, untuk membantu mewujudkan program satu data tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana memulainya dengan satu data Jawa Timur, sehingga provinsi jawa timur sudah siap jika program satu data tersebut dilaksanakan. Karena pada prinsipnya apabila program tersebut semakin cepat dilaksanakan, maka akan semakin bagus.

Untuk itu, Diskominfo Jatim menjalin kerja sama dengan Universitas Airlangga dilaksanakan untuk turut ikut andil dalam perencanaan satu data tersebut. Karena menurutnya, perguruan tinggi dan mahasiswa juga memiliki peranan besar dalam membantu menyukseskan program satu data tersebut.

“Kita sudah bertekad, ayo kita mulai dari Jawa Timur mewujudkan satu data lebih dahulu, dan dalam mewujudkanya saya rasa peranan perguruan tinggi dan mahasiswa juga sangat penting dalam membantu menyukseskan program. Karena kita berprinsip, ikan sepat ikan gabus, semakin cepat semakin bagus,” ujar Eddy. (sit/upn/ipb/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait